Begini Kronologi Kerusuhan Tahanan di Lapas Pekanbaru – Ambon Ekspres
Kriminal

Begini Kronologi Kerusuhan Tahanan di Lapas Pekanbaru

AMEKS ONLINE – Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM, I Wayan Kusmianta Dusak menjelaskan kronologis kerusuhan yang terjadi di Lapas Sialang Bungkuk, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru, Riau siang tadi. Kerusuhan itu menyebabkan ratusan tahanan berusaha kabur dari lapas.

Menurut Dusak, kaburnya para tahanan itu disebabkan tuntutan pencopotan kepala keamanan.

“Informasi awal penyebabnya masalah kepala keamanan. Kepala keamanan kita bermasalah. Mereka menuntut kepala keamanannya diganti,” kata Dusak saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (5/5).

Dusak mengatakan, awalnya memang terjadi kerusuhan sekitar 50 tahanan di dalam lapas. Saat dibukakan pintu kamar untuk melaksanakan Salat Jumat, mereka mendobrak pintu samping di lapas.

Karena jumlah petugas hanya enam orang, mereka tak bisa membendung desakan para tahanan itu. Akhirnya, tahanan lainnya memanfaatkan kesempatan itu untuk kabur dari tahanan.

“Mereka jebol pintu samping, diperkirakan yang melarikan diri antara seratus sampai dua ratus tahanan,” papar Dusak.

Menurut Dusak, petugas lapas dibantu oleh pihak kepolisian telah berhasil menangkap kembali sejumlah tahanan. Proses penangkapan para tahanan juga dibantu masyarakat sekitar.

“Sebagian sudah ditangkap oleh petugas kita dan bersama-sama masyarakat. Ada lebih dari 30 orang,” sebutnya. (Put/jpg/ameks online)

Click to comment

Most Popular

To Top