Garuda Siap Buka Penerbangan Saumlaki-Darwin – Ambon Ekspres
Pesona Manise

Garuda Siap Buka Penerbangan Saumlaki-Darwin

AMEKS ONLINE– Garuda Indonesia pada dasarnya siap untuk membantu mengembangkan sektor pariwisata Maluku, salah satunya, mendukung rencana Gubernur Said Assagaaf untuk membuka jalur penerbangan langsung Saumlaki-Darwin, Australia.

Menurut General Manager PT Garuda Indonesia (Persero) Kantor Cabang Ambon, Sonny Pongoh, untuk membuka jalur penerbangan Saumlaki-Darwin membutuhkan persiapan yang matang, karena jalur tersebut termasuk jalur penerbangan internasional.

Membuka jalur penerbangan internasional, terang Sonny, harus didukung dengan bandara berstandar internasional. Sedangkan Bandara Saumlaki saat ini, belum berstandar internasional.
“Intinya, Garuda siap untuk membuka jalur penerbangan Saumlaki-Darwin. Tapi kan karena itu rute internasional, maka standar bandaranya harus standar internasional juga,” ungkap Sonny.

Standar bandara internasional, jelas Sonny, harus didukung dengan ketersedian kantor karantina, imigrasi, bea cukai, dan sebagainya. “Kalau semua itu sudah disiapkan, kita sudah bisa membuka jalur penerbangan tersebut,” ujarnya.

Dia mengatakan, rencana gubernur untuk membuka jalur penerbangan Saumlaki-Darwin memang sangat efektif bagi upaya meningkatkan kunjungan turis Australia ke Maluku, terutama ke Saumlaki.

Karena selama ini, banyak turis Australia yang berkunjung ke Saumlaki. Sehingga bila jalur penerbangan tersebut diefektifkan, maka akan meningkatkan minat turis Australia untuk berkunjung, karena biaya yang dibutuhkan lebih hemat dan jarak tempuh lebih singkat.

“Kita ingin memaksimalkan jalur ini, karena banyak turis Australia yang ke Saumlaki. Biar mereka tidak bolak balik, ke Ambon dulu baru ke Saumlaki. Pas mau pulang ke Darwin, mereka balik ke Ambon baru ke Darwin,” pungkasnya. (ADI)

Most Popular

To Top