Perpustakaan Mini Antarkan Brigadir Hurulean Bertemu Jokowi – Ambon Ekspres
Berita Utama

Perpustakaan Mini Antarkan Brigadir Hurulean Bertemu Jokowi

BANGGA: Brigadir Arthur Hurulean saat bertemu Presiden Jokowi di Istana Negara, 2 Mei 2017

AMEKS ONLINE,–Brigadir Arthur Rio Hurulean, anggota Bhabinkamtibmas Polres Maluku Tenggara, Polda Maluku boleh berbangga. Dia mendapatkan penghargaan dari Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian atas dedikasi dan pengabdian sebagai Bhabinkamtibmas Ohoi Langgur di Kabupaten Maluku Tenggara.

Penghargaan itu berupa ticket holder untuk mengikuti Pendidikan Sekolah Inspektur Polisi (SIP) mendatang. Padahal, secara administratif, dia seharusnya belum bisa untuk mengikuti jenjang pendidikan tersebut.

Bersama Arthur, penghargaan yang sama juga diterima Brigadir Hudson Siahaan (Bhabinkamtibmas Polsek Sekayam, Polres Sanggau-Kalbar), Brigadir Dahmanto (Bhabinkamtibmas Desa Taman Indah, Polres Lombok Tengah-NTB) dan Brigadir Almuhalid (Bhabinkamtibmas Polres Buton-Sulawesi Tenggara).

“Pak Kapolri sangat menghargai ketulusan para bhabinkamtibmas ini dalam melayani masyarakat dan penghargaan yang diberikan diharapkan dapat memotivasi para bhabinkamtibmas lainnya di seluruh Indonesia untuk berlomba-lomba berbuat kebaikan,” ungkap Kepala Biro Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rikwanto di Mabes Polri, Jumat (5/5).

Dikatakan, penghargaan ini diberikan dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei lalu. Para bhabinkamtibmas dinilai berjasa dalam memajukan pendidikan di tempat tugasnya masing-masing. ‘’Pemberian penghargaan tersebut sebagai wujud apresiasi dari Pak Kapolri karena mereka dinilai telah berbuat melebihi panggilan tugas. Karena disampaing melaksanakan tugas pokoknya sebagai anggota polri, mereka juga turut berperan aktif dalam mencerdaskan kehidupan bangsa,” imbuh Rikwanto.

Direktur Binmas Polda Maluku, Kombes Polisi M Yamin Sumitra mengatakan, Brigpol Arthur Hurulean membuatan perpustakaan mini sebagai bentuk kepedulian terhadap para pelajar di desa binaannya. “Jadi yang dilakukan Brigpol Arthur itu, tidak bermaksud untuk membawa dia sampai bisa bertemu pak Kapolri dan Presiden. Dia membuat perpustakaan mini itu, dengan maksud agar para pelajar maupun warga masyarakat bisa menambah ilmu pengetahuan mereka, melalui buku-buku yang dia siapkan,” kata Yamin, kemarin.

Menurut dia, ada tim khusus bentukan Presiden Joko Widodo, yang turun melihat kondisi pendidikan diseluruh wilayah NKRI, termasuk di Tual dan Maluku Tenggara, menjelang hari Pendidikan Nasional. “Tim itulah yang kemudian menemukan sosok polisi peduli terhadap pendidikan, hingga kemudian membuat perpustakaan mini. Setelah itu tim melaporkan, kepada pak Presiden dan pak Kapolri, maka alhamdulilah yang bersangkutan bisa dipanggil kesana (Jakarta red),” jelas dia.

Dirinya menambahkan, setelah dimintakan untuk bertemu Kapolri dan Presiden saat puncak peringatan Hardiknas, Brigpol Arthur Hurulean mendapat penghargaan atas kinerjanya. “Dia (Brigpol Arthur red), mendapatkan penghargaan dari pak Kapolri serupa pin emas, kemudian sekolah perwira gratis untuk tahun depan. Dia juga dapat penghargaan dari pak Presiden sebagai salah satu polisi yang peduli dengan pendidikan,” bebernya.

Sumitra berharap seluruh anggota Polri, terkhusus bagi anggota Bhabinkamtibmas agar terus bekerja bagi masyarakat, bangsa dan negara. “Mari kita terus bekerja sebagai pengayom, pelindung dan pelayan masyarakat. Kerja saja sepanjang kita masih mampu dan sehat. Insha Allah, berbuat baik pasti kebaikan juga datang kepada kita. Arthur bisa kenapa kita tidak. Saya juga berbangga atas apa yang didapat dia,” pungkas dia.(AHA)

Most Popular

To Top