Selangkah Lagi Bos Nurdin Tersangka – Ambon Ekspres
Metro Manise

Selangkah Lagi Bos Nurdin Tersangka

AMEKS ONLINE— Bos Nurdin akhirnya diperiksa polisi, setelah bukti-bukti untuk menjerat pemilik UD Amin ini terkumpul. Polisi yakin, pengusaha bernama lengkap Nurdin Fatah itu tak bisa lolos dari jeratan hukum. Penetapannya sebagai tersangka juga kian dekat.

Nurdin Fatah diperiksa, Kamis (4/5) atas kepemilikan ratusan koli Cinnabar dan mesin pengolahan bahan tambang berunsur merkuri. Barang illegal ini yang disita dari lokasi usahanya, Kamis (27/4) lalu. Namun, polisi belum bernyali untuk langsung menetapkan sosok pria yang dikenal memeliki banyak bisnis ini sebagai tersangka.

Polisi berdalih tidak mau gegabah dalam mengambil keputusan. Sehingga belum ditetapkan status hukum Nurdin. Alasannya mereka masih memperkuat penyelidikan dengan mengumpul bukti lain dan penyelidikan lebih dalam sebelum penetapan status. Penetapan satus tidak cukup hanya dengan satu alat bukti.

Untuk itu, penyelidikan yang dilalukan polisi guna mencari bukti tambahan setelah itu barulah ditentukan. Alasannya yang sama dipakai polisi untuk kasus Manaf Kaliky, pemilik 17 ton cinnabar yang disita polisi Senin (2/5) lalu. Kasusnya juga masih dalam tahap proses pengembangan.

Gelar perkara Bos Nurdin akan segera dilakukan sebelum menentukan status terhadap Nurdin selaku pemilik gudang. Gudang inilah yang dijadikan sebagai penyimpanan batu cinnabar serta alat olahan itu.

Setelah gelar perkara, baru akan ditentukan status hukum Bos Nurdin.”Kemarin (Kamis 4/5-red ) pak haji Nurdin sudah datangi Polres, untuk menjalani pemeriksaan. Jadi setelah pemeriksaan itu, kita sementara menentukan waktu untuk melakukan gelar perkara. Setelah gelar perkara dulu baru kita bisa tentukan status terhadap pemilik,” jelas Kasat Reskrim Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease AKP Teddy kepada wartawan di ruang kerjanya, Jumat (5/5).

Sementara untuk Manaf Kaliky pemilik belasan ton Sinnabar, polisi juga akan lakukan olah TKP di lokasi penemuan. Polisi juga akan berkoordinasi dengan Polsek Huamual dan Danramil Piru.
“Sabtu besok ini kan kita rencana lakukan olah TKP di dusun Waeputih, sekaligus mengambil keterangan dari Kapolsek Huamual dan anggotanya, termasuk Danramil Piru, setelah itu kita lakukan gelar perkara dan tentukan status. Intinya, kasus-kasus tetap jalan, akan kita sidik satu per satu dulu,”jelasnya.

Kasat menegaskan, kasus tersebut serius di tangani, dan pihak kepolisian juga transparan terkait dalam hal proses hukum yang sementara di proses.”Intinya prosesnya masih bergulir dan kita polisi akan mengusut tuntas. Sementara  untuk proses penyelidikan kita akan terbuka untuk perkembangan penyelidikannya,”pungkas Teddy. (ERM)

Click to comment

Most Popular

To Top