Pelantikan Pemenang Pilkada Belum Pasti – Ambon Ekspres
Berita Utama

Pelantikan Pemenang Pilkada Belum Pasti

Ilustrasi Pelantikan Pikada/ Istimewa

AMEKS ONLINE,–Pelantikan terhadap pemenang pilkada 15 Februari lalu, hingga kini belum dipastikan. Namun informasi yang berkembang pelantikan akan dilaksanakan akhir bulan ini.
Dari lima daerah peserta penyelenggara pilkada Februari lalu, dipastikan hanya empat kepala daerah yang akan dilantik duluan oleh Gubernur Maluku, Said Assagaff sesuai dengan jadwal yang telah dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

Empat kepada daerah itu Richard Louhenapessy-Syarif Hadler (walikota dan wakil walikota Ambon), Yasin Payapo-Timotius Akerina (Seram Bagian Barat), Ramly Umasugi-Amus Besan (Buru) dan Petrus Fatlolon-Agustinus Utuwaly (Maluku Tenggara Barat).

Informasi yang diperoleh koran ini menyebutkan, pelantikan akan berlangsung pada minggu ke empat bulan Mei ini. “Kalau tidak ada halangan dan hambatan pelantikannya, akan berlangsung di Kantor Gubernur Maluku tanggal 22 Mei nanti,” kata sumber yang juga orang dekat salah satu bupati terpilih, kepada koran ini akhir pekan kemarin.
Menurut dia, kepastian itu sudah diketahui pihak keluarga dan kini tengah melakukan berbagai persiapan menjelang proses pelantikan. “Sampai saat ini (kemarin red), yang kami tahu 22 Mei, dilantik,” terangnya.

Bupati Maluku Tenggara Barat, tepilih Petrus Fatlolon yang dikonfirmasi terkmait kepastian waktu pelaksanaan pelantikan itu menyebutkan, pihaknya masih menunggu pemberitahuan resmi dari Pemprov Maluku.  “Infonya seperti itu (tanggal 22 Mei). Namun kami belum dapat pemberitahuan resmi. Tapi rencana pelantikan pada pekan ketiga atau ke empat bulan Mei, mungkin besok sudah ada info resmi,” kata Fatlolon, ketika dihubungi Ambon Ekspres, tadi malam.

Fatlolon menjelaskan, saat ini proses pengusulan pelantikan merupakan kewenangan Gubernur Maluku Said Assagaff. Pasalnya, untuk mekanisme pengusulan pelantikan dari tingkat kabupaten MTB telah dilakukan. “Sesuai mekanisme, pasca putusan Mahkamah Konstitusi atas sengketa Pilkada MTB, kemudian tanggal 6 April lalu, KPU MTB menetapkan kami sebagai pasangan bupati dan wakil bupati terpilihnya. Selanjutnya tanggal 7 April, DPRD MTB menggelar rapat  paripurna untuk pengusulan pelantikan bupati dan wakil bupati MTB kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Maluku,” jelasnya.

Politisi Partai Demokrat ini, memberikan apresiasi kepada Gubernur Maluku, yang dengan cepat mendorong penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten MTB tetap berlangsung pasca masa akhir jabatan Bitzael Silvester Temmar dan Paulus Werembinan/Taborat pada 16 April lalu.

Terpisah, Karo Humas dan Protokoler Setda Maluku, Jasmono mengatakan, jadwal pelantikan empat kepala daerah terpilih yang telah diusulkan akan berlangsung bulan ini. “Berdasarkan hasil koordinasi dengan kemendagri, pelantikan kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih, rencananya akan dilakukan secara bertahap yaitu minggu ketiga atau keempat bulan Mei, minggu kedua bulan Juli dan Desember tahun 2017. Untuk Maluku dalam bulan ini,” jelas dia.

Dirinya menyebutkan, kepastian tanggal pelaksanaan pelantikan belum diketahui. “Memang ada informasinya juga ditanggal itu (22), namun kita juga masih menunggu informasi resmi terkait dengan tanggal pelantikan itu,” tuturnya.
Jasmono menambahkan, pelantikan kepala daerah terpilih di Maluku akan dilakukan oleh gubernur selaku wakil pemerintah pusat. “Prinsipnya kepastian tanggal pelantikan menunggu keputusan pempus melalui mendagri. Dan nanti akan kita sampaikan,” terangnya.

Disinggung untuk bupati dan wakil bupati Maluku Tengah, dirinya mengaku memang belum diusulkan. Pasalnya,  masa jabatan bupati dan wakil bupati masih berlangsung hingga Oktober mendatang.
“Kan di Malteng itu petahana. Mereka juga masih menjabat hingga Oktober.  Makanya belum diusulkan. Tapi nanti kita lihat kedepan,” kuncinya.(AHA)

Most Popular

To Top