Festival Budaya Babar Berlangsung Sukses – Ambon Ekspres
Pesona Manise

Festival Budaya Babar Berlangsung Sukses

AMEKS ONLINE–Festival Budaya Masyarakat Babar yang digelar oleh Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Maluku di Desa Letwurung, Kecamatan Babar Timur, Kabupaten Maluku Barat Daya, pada 20 April lalu, berlangsung sukses.

Menurut Kepala BPNB Maluku, Stevanus Tiwery, festival tersebut diikuti oleh 25 kelompok seni yang mewakili sejumlah desa pada wilayah adat Wuwluli Nouli dan Ilwyar Wakmer, serta Sanggar Lierloy Desa Ahanari.
Setiap desa mengutus 15 hingga 20 orang perwakilan yang terdiri dari kalangan anak, remaja hingga orang dewasa. Semuanya menggunakan busana adat, seperti, kain tenun maupun kain basta yang menunjukan kebersamaan dan keselarasan sosial. “Mereka menggunakan atribut busana yang mereka miliki,” kata Tiwery, Senin (8/5).

Lanjutnya, pada festival tersebut para peserta menampilkan Tari Seka, baik Tari Seka Biasa, Tari Seka Besar, Tari Seka Perang serta jenis Tari Seka lainnya. “Semuanya berlangsung sukses,” terangnya.
Hal tersebut tentu saja, sangat membanggakan karena festival yang mengusung tema “Kenali Budayamu, Lestarikan Bagi Anak Cucu” tersebut bertujuan untuk mengenalkan kembali kebudayaannya, keseniannya, tari tradisionalnya, Tari Seka.

“Dengan mengenal kembali budayanya, diharapkan timbul keinginan dan tekad yang kuat untuk melestarikan dan mewariskan bagi generasi mendatang, yaitu, anak cucu,” ujarnya.
Jelasnya, Tari Seka saat ini telah menjadi warisan budaya Indonesia, sehingga harus dijaga dan dilestarikan kepada generasi muda, khususnya di kalangan stakeholder atau pemilik kebudayaan, yaitu, orang-orang Babar itu sendiri.

“Keberadaan tari seka dalam perkembangannya saat ini memasuki masa-masa yang sulit, karena hampir di sebagian desa, masyarakatnya sudah tidak lagi menarikan Tari Seka. Sehingga festival ini dilaksanakan dengan harapan, agar tumbuh rasa cinta dan rasa memiliki serta tekat untuk tetap mempertahankan serta memanfaatkan kesenian tradisional, khusus tari seka,” tandas Tiwery. (PRO2)

Click to comment

Most Popular

To Top