Pengungsi Batu Koneng Terus Bertambah – Ambon Ekspres
Amboina

Pengungsi Batu Koneng Terus Bertambah

AMEKS ONLINE.– Warga dusun Batu Koneng kecamatan Teluk Ambon yang mengungsi di Mako Lantamal IX Ambon, hingga saat ini terus bertambah. Pengungsi yang sebelumnya hanya berjumlah 60 orang, kini bertambah menjadi 135 orang. Yang terdiri dari lansia, wanita, anak-anak dan balita.

Pengungsi warga Batu Koneng ini sebelumnya dievakuasi oleh pihak Pangakalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon, pasca bentrokan antar warga yang terjadi di dusun Batu Koneng Sabtu (6/5) kemarin.

Ada sekitar 60 warga yang di evakuasi lewat jalur darat dengan menggunakan truck TNI AL dan jalur laut menggunakan Sea Reader milik Lantamal IX. Bahkan ada warga yang berusaha mengungsi ke Lantamal IX menggunakan perahu dan sejumlaj angkutan lainnya.
Kini pengungsi tersebur telah berjumlah 135 orang. Dan diperkirakan akan terus bertambah hingga bentrokan tersebut reda.

Komandan Lantamal IX Laksamana Pertama TNI Nur Singgih Prihartono, mengatakan, pihak Lantamal tidak akan menutup mata terhadap warga yang datang untuk meminta perlindungan ke Lantamal IX Ambon. Sekalipun akan ada tambahan pengungsi di kemudian hari.

“Bertambahnya jumlah pengungsi ke Lantamal IX saat ini dan tidak menutup kemungkinan akan bertambah hingga situasi memungkinkan warga kembali ke rumahnya. Untuk itu, Lantamal IX bersama Dinas sosial provinsi dan kota Ambon tetap  berupaya untuk memenuhi sarana dan prasarana. Guna memberikan kenyamanan serta keamanan bagi para pengungsi selama berada di Mako Lantamal IX, tanpa membedakan satu sama lainnya,” tandas Nursinggih, lewat press rilisnya, Selasa (9/5).

Komandan Detasemen Markas (Dandenma) Lantamal IX Letkol Marinir Imam Suwandi, selaku Ketua Tim Satgas Pengungsi di Lantamal IX menyampaikan, bahwa Dinas Sosial Provinsi Maluku dan kota Ambon telah memberikan dukungan lewat sejumlah bantuan terhadap para pengungsi asal dusun Batu Koneng.

“Jadi Lantamal IX telah menerima bantuan dari dinas sosial provinsi dan kota Ambon berupa  matras, selimut, lima tenda pengungsian meliputi empat tenda utama dan satu tenda khusus, termasuk dapur umum dan pengobatan. Sedangkan Lantamal IX memberikan tempat dan dukungan kesehatan serta fasilitas yang ada bagi pengungsi di Marshailling Area Lantamal IX,” tagasnya. (ISL)

Click to comment

Most Popular

To Top