Polisi Lemah Tangani Kasus Batu Koneng – Ambon Ekspres
Berita Utama

Polisi Lemah Tangani Kasus Batu Koneng

SAHDAN FABANYO/AMEKS PENGUNGSIAN Warga yang berada di lokasi pengungsian Lantamal IX Ambon, Selasa (9/5). Pasca bentrok di dusun Batu koneng.

AMEKS ONLINE,—Bentrokan antara warga Dusun Batu Koneng, Desa Poka, Kecamatan Teluk Ambon, dan warga Negeri Hitulama, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) masih berpotensi terjadi. Aparat

keamanan dinilai lamban mengusut tuntas kasus tersebut.
Pengamat hukum dari Fakultas Hukum Universitas Pattimura Ambon, Jhon Pasalbessy kepada Ambon Ekspres mengatakan, aparat kepolisian dan pemerintah daerah baik Kota Ambon, Maluku Tengah dan Provinsi Maluku  harus serius mencari solusi terhadap konflik yang terjadi. “Ini persoalan serius dan aparat kepolisian khususnya pemerintah harus melihat hal ini lebih mendalam dan proses penanganannya harus serius. Sehingga tidak lagi menimbulkan korban dikemudian hari atau konflik ini terulang lagi,” kata Jhon.

Menurutnya, pemerintah dan aparat kepolisian harus menginfentarisir pokok persoalan yang sering terjadi di objek tersebut. Sehingga, langkah penangananan untuk memberikan rasa nyamanan bagi masyarakat dapat terwujud. “Pemerintah harus berada ditengah-tangah untuk melakukan rekonsiliasi dengan cara meninfentarisir persoalan yang sering terjadi. Kalau ada kesalahan, pembuktiannya di pengadilan. Pemerintah juga harus memberikan pendampingan atau pemahaman terhadap masyarakat secara intens terkait akar persoalan yang terjadi sehingga kesadaran masyarakat dan rasa kenyamanan itu dapat terwujud. Tidak menimbulkan konflik yang berkepanjangan,” jelas Jhon.

Prev1 of 5

Click to comment

Most Popular

To Top