Siklus Haid Tak Teratur, Coba 10 Bahan Makanan Ini – Ambon Ekspres
Kesehatan

Siklus Haid Tak Teratur, Coba 10 Bahan Makanan Ini

Ilustrasi
AMEKS ONLINE, – Masalah terlambat datang bulan sering dihadapi kaum hawa. Periode menstruasi yang tak teratur bisa disebabkan banyak faktor.

Normalnya wanita mengalami menstruasi 11-13 kali selama setahun, namun jika tak lancar hanya 6-7 kali setahun.

Beberapa faktor misalnya, obat-obatan, olahraga keras, berat badan naik terlalu cepat atau turun signifikan, kehamilan, menyusui, keguguran atau melahirkan, alkohol, narkoba, dan rokok serta stres.

Selain faktor itu, banyak pula masalah lainnya seperti gizi yang kurang, gangguan hormon, menjelang menopause, anemia, penyakit hati, buang air kecil tak normal, hingga tuberkolosis.

Boldsky, melansir sepuluh resep dapur yang bisa diaplikasikan sendiri di rumah.

1. Jahe
Sifat menenangkan jahe membantu meningkatkan aliran menstruasi dan juga membebaskan diri dari rasa sakit yang tak tertahankan. Rebus ½ sendok jahe segar dalam satu cangkir air selama 5-10 menit. Bisa juga menambahkan sedikit madu atau gula untuk meningkatkan rasa. Saring campuran ini dan minumlah ini tiga kali dalam sehari setelah makan selama satu bulan untuk mengatur siklus haid.

2. Kunyit
Sifat kunyit membantu memperbaiki ketidakseimbangan hormon dan juga mengatur siklus haid. Kunyit mengandung sifat anti-inflamasi dan antispasmodik yang membantu mengurangi kram  Ambil ¼ sendok bubuk kunyit dan tambahkan ke dalam susu hangat. Minum setiap hari hingga haid teratur.

3. Biji ketumbar
Ambil dua gelas air dan tambahkan satu sendok biji ketumbar ke dalamnya. Rebus sampai jumlah air berkurang sampai setengahnya. Saring larutannya dan minum tiga kali sehari sebelum jadwal menstruasi. Lakukan selama satu atau dua bulan.

4. Jus Wortel
Wortel adalah sumber zat besi yang baik dalam mengatur hormon dengan tepat. Minum segelas jus wortel secara teratur selama tiga bulan akan membantu menormalisasi siklus menstruasi yang tidak teratur.

5. Adas
Adas efektif membantu meningkatkan aliran haid. Sifat antispasmodiknya membantu meredakan kram akibat sindrom pramenstruasi. Ambil dua sendok biji adas dan rendam dalam segelas air dalam semalam. Saring kemudian minum larutan ini di pagi hari. Lakukan setiap hari untuk melihat hasil yang efektif.

6. Biji Wijen
Ambil segenggam biji wijen dan panggang. Kemudian giling hingga halus lalu konsumsilah bubuk ini setiap hari, pada waktu perut kosong atau dua minggu sebelum menstruasi.

7. Kayu Manis
Kayu manis memiliki efek pemanasan yang membantu mengurangi kram menstruasi. Unsur hidroksicaletnya dapat mengatur kadar insulin. Ambil ½ sendok bubuk kayu manis dan tambahkan ke segelas susu. Minum ini selama beberapa minggu.

8. Pepaya yang belum matang.
Minum jus pepaya mentah akan membuat serabut otot di rahim menginduksi kemudian menstruasi. Namun jika sudah menstruasi, tak perlu diminum lagi.

9. Anggur
Minum jus anggur setiap hari membantu mencegah haid tak teratur.

10. Peterseli
Haluskan peterseli dan giling dalam blender bersama air. Jus peterseli juga merupakan obat yang sangat baik yang dapat menginduksi menstruasi hingga kembali normal.

Most Popular

To Top