Empat Kepala Daerah Siap Lantik – Ambon Ekspres
Berita Utama

Empat Kepala Daerah Siap Lantik

AMEKS ONLINE.-Empat kepada daerah terpilih dalam pilkada serentak 15 Februari lalu, siap dilantik Gubernur Maluku Said Assagaff. Kepastian pelantikan ini setelah Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menandatangi surat keputusan pelantikan 34 kepada daerah pada tahap pertama. Dari 34 kepala daerah itu, ada tiga bupati dan satu walikota di Provinsi Maluku. Surat Mendagri telah diterima Pemprov Maluku.

Kepala daerah yang akan dilantik adalah, Richard Louhenapessy-Syarif Hadler (Walikota dan Wakil Walikota) Ambon, Yasin Payapo-Teimotius Akerina (Bupati dan Wakil Bupati Seram Bagian Barat), Ramly Umasugi-Amus Besan (Bupati dan Wakil Bupati Buru) serta Petrus Fatlolon-Agustinus Utuwaly (Bupati dan Wakil Bupati Maluku Tenggara Barat).

Assagaff memastikan, pelantikan akan dilakukan pada 22 Mei 2017. “Pada Senin 22 Mei, tiga bupati dan Walikota Ambon akan saya lantik di Kantor Gubernur Maluku. Surat dari Mendagri sudah keluar dan sudah kami terima,” kata Assagaff kepada wartawan, Kamis (11/5).

Menurut dia, pelantikan itu memang merupakan kewenangannya. “Untuk jadwal pelantikan, silahkan koordinasi dengan pak sekda atau pihak terkait. Yang pasti akan saya lantik mereka pada 22 Mei 2017,” tegas dia.

Terpisah Bupati Maluku Tenggara Barat terpilih Petrus Fatlolon membenarkan, informasi pelantikan itu. Menurut dia, pelantikan dipastikan akhir Mei ini. Namun, dia mengaku belum menerima informasi resmi terkait jadwal pelantikan dari Gubernur Maluku. “Jadi saya sudah dapat informasi dari Biro Pemerintahan dan Seketaris Dirjen Otda Kemendagri bahwa pelantikan itu dilaksanakan di Ambon pada 22 Mei 2017. Tetapi informasi resminya akan disampaikan bapak gubernur kepada seluruh kepala daerah yang akan dilantik nanti,” kata Fatlolon ketika dihubungi koran ini.

Menurut dia, pihaknya sampai saat ini masih menunggu informasi resmi. Dirinya optimis, pihaknya akan menerima pemberitahuan resmi dalam waktu dekat. “Mungkin sehari dua hari ini, sudah bisa kita terima pemberitahuan resmi terkait pelantikan yang berlangsung di kantor gubernur itu,” jelas dia.

Disinggung soal persiapan pelantikan, politisi Partai Demokrat ini menambahkan, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan, guna menyambut pelantikan tersebut. “Kita tunggu saja. Dan siap untuk dilantik,” tuturnya.

Dirinya berharap, masyarakat MTB agar tetap menjaga situasi dan kondisi keamanan, sehingga pelaksanaan pelantikan nantri dapat berjalan aman dan lancar sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Terpisah Max Pattiapon salah satu tim sukses dari Walikota Ambon terpilih mengaku, pihaknya juga telah menyiapkan berbagai kesiapan guna menyambut informasi resmi terkait pelaksanaan pelantikan itu. “Memang informasinya tanggal 22 Mei nanti. Untuk itu persiapan dan kesiapan juga sudah dilakukan oleh pasangan walikota terpilih,” tandasnya.(AHA)

Most Popular

To Top