Manfaat Baking Soda bagi Penderita Gagal Ginjal – Ambon Ekspres
Kesehatan

Manfaat Baking Soda bagi Penderita Gagal Ginjal

PHOTO SOURCE: POSHSEVEN.COM

AMEKS ONLINE, – Sodium bikarbonat atau yang umumnya dikenal dengan nama baking soda adalah senyawa kimia yang berbentuk bubuk. Bubuk yang rasanya yang asin dan alkaline tidak hanya digunakan untuk kepeluan memasak namun juga sebagai shampo, deodoran, pembersih, pengganti odol dan lainnya.

Bubuk ini sendiri sudah digunakan orang Mesir kuno dalam membuat tulisan hieroglif mereka. Baking soda sendiri baru diproduksi secara masal pada tahun 1864 di New York, AS.

Tubuh kita manusia sendiri, ginjal dan pankreas, sebenarnya memproduksi baking soda secara alami yang menghancurkan makanan yang kita konsumsi. Namun jika kewalahan, akibat konsumsi makanan tertentu, ginjal sangat beresiko mengalami kerusakan.

Lalu apa kaitan antara ginjal dan baking soda? Dalam sebuah studi disebutkan bahwa baking soda dapat memperlambat terbentuk batu ginjal dan baik juga bagi mereka yang dalam perawatan dialisis atau cuci darah. Saat digunakan dalam proses pencucian darah, maka khasiatnya menjadi dua kali lipat.

Temuan ini diperkuat oleh studi yang dirilis pada Journal of the American Society of Nephorology. Studi yang dipimpin Professor Magdi Yaqoob itu menyebutkan bahwa dengan dosis yang terukur dan dibawah pengawasan medis yang ketat, penggunaan baking soda dapat mengurangi kerusakan pada ginjal yang bermasalah.

“Temuan ini luar biasa. Studi ini menunjukan bagaimana baking soda bisa sangat berguna dalam bagi mereka yang mengalami gagal ginjal. Selama dosisnya terukur dan dalam pengawasan,” kata Prof Yaqoob seperti dikutip dari artikel di situs resmi Queen Mary University of London.(ruf/fajara/ameks online)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!