Bang Ara Ajak Pancasilais Bersuara – Ambon Ekspres
Politik

Bang Ara Ajak Pancasilais Bersuara

Pelepasan peserta Kirab Kebangsaan yang digelar Taruna Merah Putih (TMP) di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (14/5). Foto: RMOL

AMEKS ONLINE, CIBINONG – Organisasi kemasyarakatan (ormas) kepemudaan Taruna Merah Putih (TMP) kembali menggelar kirab kebangsaan untuk mengampanyekan Pancasila dan rasa cinta pada tanah air. Kirab kebangsaan merupakan salah satu cara bagi ormas sayap PDI Perjuangan itu dalam menyikapi potensi intoleransi dan radikalisme yang mengemuka akhir-akhir ini.

Hari ini (14/5) TMP menggelar kirab kebangsaan yang dipusatkan di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Sebelumnya, TMP juga sudah menggelar kegiatan serupa di Semarangm Bandung, Subang, Karawang, Bekasi dan Jakarta.

“Kita sudah menyadari potensi intoleransi itu, makanya kita bertindak dengan menggelar kirab budaya dan kirab kebangsaan,” kata Ketua Umum TMP Maruarar Sirait saat menyampaikan sambutan dalam acara Kirab Kebangsaan di Stadion Pakansari.

Politikus muda PDI Perjuangan itu meyakini mayoritas warga Indonesia adalah penjaga Pancasila. Hanya saja, katanya, rakyat Indonesia yang cinta Pancasila justru memilih diam ketika melihat gejala intoleransi dan radikalisme.

Karenanya Ara -panggilan Maruarar- mengajak pihak-pihak yang mencintai NKRI dan Pancasila untuk bersuara. Sebab, katanya, Pancasilais harus tampil di depan dalam menjaga Pancasila dan NKRI dengan segala risikonya.

“Kita tak boleh diam. Kita harus berani mengatakan dengan tegas bahwa kita adalah para Pancasialis sejati dan tampil ke depan menjaga Pancasila dengan segala risikonya,” ajaknya.

Kirab kebangsaan yang diikuti sekitar 10 ribu peserta itu berlangsung sangat meriah. Mereka berjalan berarakan sepanjang 2,5 kilometer dari Gedung Kesenian dan Olahraga Kabupaten Bogor menuju Stadion Pakansari.

Acara itu juga dimeriahkan beragam atraksi, melukis bertema keindonesiaan, hingga menampilkan berbagai tarian Nusantara. Selain itu, ada pula festival kuliner khas Bogor.

Prev1 of 2

Most Popular

To Top