Ekspor Langsung Tunggu Jadwal Kapal – Ambon Ekspres
Berita Utama

Ekspor Langsung Tunggu Jadwal Kapal

FOTO: ISTIMEWA

AMEKS ONLINE,–Rencana PT Pelindo IV Ambon untuk melakukan ekspor langsung dari Pelabuhan Yos Soedarso Kota Ambon masih belum dipastikan. Pasalnya, masih harus menunggu kepastian jadwal dan rute kapal operator yang akan melakukan ekspor langsung ke negara-negara tujuan. Hal ini terungkap dalam  Focus Group Discussion (FGD) Sentralisasi  Direct Export Pelabuhan Ambon yang berlangsung beberapa waktu lalu.

Direncanakan, kegiatan ekspor langsung ini dilaukan pada diawal triwulan II tahun 2017. Menurut General Manager PT Pelindo IV Cabang Ambon, Farid Padang, kegiatan ekpsor langsung masih dalam proses menunggu kapal operator untuk masuk ke Pelabuhan Ambon setelah dari Australia. ‘’Masih tunggu kapal balik dari Australia serta kepastian kapan untuk kapal tersebut bisa masuk Ambon,” jelasnya kepada koran ini  melalui pesan singkatnya, Jumat (12/5).

Dia menjelaskan, untuk tahapan kesiapan, saat ini izin dari Bea Cukai sudah ada. Begitu juga dengan eksportir yang hanya menunggu kapal masuk. “Kita akan segera lakukan ekspor perdana setelah jadwal kapal kita dapat sesuaikan. Untuk jumlah ekpsor perdana minimal 40 kontainer sekali ekspor dan negara tujuannya ada Cina dan Jepang,” jelasnya.

Dia mengaku, kegiatan ekspor langsung ini memerlukan operator kapal yang memang khusus untuk melakukan ekspor langsung. “Pelindo bekerjasama dengan salah satu operator kapal, yakni Laut Mas untuk bisa minimal dalam sebulan dua kali masuk untuk melakukan ekspor langsung dari Ambon ke negara-negara tujuan. Dari situ, volume ekspor pasti akan meningkat dan kapal akan banyak datang. Dan jika volume cargo juga meningkat maka dari operator kapal bisa masuk per minggu,” tuturnya.

Farid mengimbau para pengusaha (eksportir), tidak berpikir untuk kepentingan sendiri terhadap perusahaannya. Tapi juga harus ada kontribusi kepada daerah. “Caranya, para pengusaha cukup mengirim ekspor itu dari Maluku sehingga PAD masuk ke Maluku. Jangan diluar,” imbaunya.(IWU)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!