Pembunuh Dayas – Ambon Ekspres
Berita Utama

Pembunuh Dayas

TERBAKAR: Rumah milik salah satu tersangka yang dibakar warga Desa Tulehu beberapa waktu lalu.

AMEKS ONLINE,—Kasus pembunuhan sadis terhadap Mohammad Dayas Lestaluhu (20) di Desa Tulehu berhasil diungkap polisi. Setelah sebelumnya meringkus RR (19) dan LT (17), kini polisi kembali mengamankan WR (16), yang merupakan tersangka lain dalam kasus pembunuhan tersebut.

Kasat Reskrim Polres Ambon AKP Teddy mengatakan, tersangka ketiga yakni WR,  menyerahkan diri kepada pihak kepolisian. WR mengakui bahwa dia turut terlibat dalam kasus pembunuhan yang menewaskan Dayas. ‘’Hasil pemeriksaan dan keterangan tersangka, dia (WR) mengakui turut terlibat dalam pembunuhan dengan cara turut serta memukul korban dengan menggunakan batu lantaran dendam. Korban diketahui sering mengacam tersangka,” jelas Teddy.

Dengan penyerahkan diri WR maka kini polisi telah mengamankan tiga tersangka. Pengembangan kasus untuk mengetahui apakah ada tersangja lain ikut terlibat dalam proses eksekusi terhadap korban, sementara masih terus dilakukan. ”Kita masih terus lakukan pengembangan apakah ada tersangka lain turut terlibat atau tidak kasus pembunuhan selain tiga tersangka yang sudah kita amankan ini,” tandas Teddy.

Teddy mengatakan, sebelumnya telah melakukan koordinasi dengan pihak keluarga serta Saniri Negeri Tulehu untuk memberikan pemahaman agar pihak keluarga menyerahkan segala proses hukum kasus ini kepada pihak kepolisian. Selain itu, diharapkan untuk tidak ada gerakan lain yang dapat menimbulkan pidana baru yang akhirnya menimbulkan konflik. “Proses kasus ini sementara berjalan. Kita benar-benar selidiki hingga ke tuntas. Siapun yang terlibat pasti kita proses. Untuk itu, kita imbau pihak keluarga korban dan juga pihak saniri negeri untuk menyerahkan sepenuhnya proses hukum kepada kita. Kita berusaha untuk mengungkap secara jelas. Jadi, jangan sampai warga gelap mata dan melakukan tindak pidana baru nantinya malah memperbesar masalah,” tuturnya.

Seperti diketahui, Dayas  tewas secara tragis setelah parang yang diduga digunakan RR alias Nuky kena tepat dibagian lehernya. Pemuda 20 tahun inipun langsung tewas seketika dilokasi kejadian.  Pembacokan terjadi di Jalan Raya Dusun Mamokeng, Desa Tulehu, Minggu (7/5) sekira pukul 01.20 WIT.
Buntut dari kejadian itu, pihak keluarga tidak terima. Mereka langsung membakar rumah milik terduga pelaku di Dusun Mamokeng, Minggu (7/5) usai pemakaman korban.

Terpisah, ayah kandung korban Saprudin Lestaluhu mengisahkan,  sebelum insiden itu anaknya Dayas memang sempat balik ke rumah mengambil parang. ‘’Berselang 15 menit saya ikut turun ke Mamokeng, sampe disana anak saya sudah jatuh di tengah jalan dengan luka di bagian leher,” tandas Saprudin
Lebih lanjut disampaikan, pihak keluarga berharap polisi secepatnya menangkap pelaku dan ditindak tegas sesuai dengan perbuatan yang dilakukan. ”Kejadian ini seperti ini sudah sering terjadi dan di tempat yang sama di Dusun Mamokeng. Namun pihak kepolisian tidak tegas untuk menjaga situasi dan kondisi, karena di tempat tersebut terus menerus terjadi tindakan kriminal,“ tandas Saprudin.(ERM)

Most Popular

To Top