Anak Amien Rais Ingatkan TNI-Polri Seriusi Minahasa Raya Merdeka – Ambon Ekspres
Politik

Anak Amien Rais Ingatkan TNI-Polri Seriusi Minahasa Raya Merdeka

Wakil Ketua Komisi I DPR Hanafi Rais. Foto: dokumen JPNN.Com

AMEKS ONLINE, JAKARTA – Wakil Ketua Komisi I DPR Hanafi Rais menilai pernyataan sekelompok orang yang menyuarakan Minahasa Raya Merdeka tidak bisa dianggap sebagai bentuk luapan kekecewaan. Menurutnya, Minahasa Raya Merdeka merupakan hal yang harus dianggap serius oleh TNI dan Polri.

“Itu pernyataan serius. Apalagi ini dikaitkan dengan peristiwa politik di Jakarta, maupun kunjungan saudara Fahri Hamzah. Mestinya ditelusuri oleh aparat penegak hukum maupun intelijen,” ujar Hanafi saat ditemui di kompleks Parlemen Jakarta, Selasa (16/5).

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu menambahkan, aparat harus mencari tahu aktor di balik munculnya ancaman disintegrasi. Selain itu, aparat perlu menelisik pihak yang menggunakan momentum politik terkini untuk berbuat makar terhadap negara dengan memisahkan diri dari NKRI.

“Itu harus diseriusi. Usut siapa orangnya, apa lembaganya, siapa yang mendanai,” tegasnya.

Putra mantan Ketua Umum PAN Amien Rais itu juga mengkhawatirkan situasi politik seperti sekarang dimanfaatkan kelompok tertentu untuk menciptakan konflik horisontal. Karenanya Hanafi meminta gerakan-gerakan yang mengancam persatuan bangsa segera dihentikan.

“Kalau ada anasir-anasir yang mengatakan mau merdeka, jangan dianggap angin lalu, karena potensi separatisme muncul dari yang kecil-kecil semacam itu,” tegas politikus asal Yogyakarta ini.(fat/jpnn/ameksonline)

Click to comment

Most Popular

To Top