Assagaff Akan Pilah Partai – Ambon Ekspres
Berita Utama

Assagaff Akan Pilah Partai

Gubernur Maluku Said Assagaff

AMEKS ONLINE– Said Assagaff tidak ambisius mengejar rekomendasi semua partai politik untuk memudahkan kemenangan. Dia hanya akan mendaftar ke beberapa parpol. Tetapi, dia tetap membangun komunikasi dengan semua parpol.

Partai Golkar dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) adalah dua partai yang paling diutamakan Assagaff. Tentu, karena dua parpol ini memiliki basis pemilih dan struktur yang kuat di Maluku.
Sementara parpol lain yang juga ia lirik, adalah Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Tiga parpol tersebut berkoalisi dengan Golkar pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur Maluku 2013 untuk mengusung pasangan Said Assagaff-Zeth Sahuburua.

Assagaff akan mengambil formulir dan mendaftar di tiga parpol itu. ”PPP, PKS dan PAN, nanti kalau mereka buka akan saya lihat dan saya akan daftar. Mereka juga kan belum buka,” kata Assagaff kepada wartawan di Saparua, Maluku Tengah, Senin (15/5).

Assagaff mengaku, telah membentuk tim kecil yang bertugas untuk mengurus pendaftaran dirinya di parpol. Rencananya, dia akan mengembalikan formulir sekaligus mendaftar secara resmi di PDIP diatas tanggal 20 Mei. “Ada tim kecil saya. Tanggal 20 Mei keatas sudah bisa kembalikan formulir ke PDIP itu,” akuinya. Assagaff melalui Arif Hentihu mengambil formulir pendaftaran di secretariat DPD PDIP Maluku, Sabtu (13/5).

Disinggung soal pendaftaran di parpol lainnya, ketua DPD Partai Golkar Maluku itu mengaku, akan menyesuaikan dengan perkembangan dinamika politik ke depan. Yang pasti, dia tidak berambisi mengambil rekomendasi semua parpol.
Hal ini dilakukan, karena dia ingin ada kompetisi secara demokratis pada Pilgub Maluku 2018. Tetapi jika ada parpol mau memberi rekomendasi, ia akan menerima dengan senang hati. “Nanti saya akan lihat, langkah pelan-pelan dan bertahap. Kalau kita ambil semua, juga tidak bagus. Visi saya kan Maluku yang berdemokrasi. Kalau semua saya ambil lalu bagaimana dengan yang lain. Tapi ada yang bilang, itu bagian dari demokrasi. Kalau dikasih (rekomendasi), saya terima,” tandasnya.

Menyangkut wakil, Assagaff akan memutuskan pada November. Tetapi, hingga kemarin, ia masih berkeinginan berpasangan dengan kader PDIP. “Saya ingin membangun sinergi. Selama ini kan Golkar belum pernah sama-sama dengan PDIP. Saya ingin diera saya, mari katong (kita) kumpul dan jadi satu,” kata dia.

Sekadar diketahui, Said Assagaff merupakan bakal calon gubernur petahana. Pada pilgub Maluku 2013, ia berpasangan dengan Zeth-Sahuburua. Mereka diusung oleh Partai Golkar, PKS, PPP, PAN, Partai Pelopor dan PNI Marhaenisme. Pasangan ini keluar sebagai pemenang pada putaran kedua dengan mendapatkan 389.884 suara.
Sementara pasangan Abdullah Vanath-Marthin Jonas Maspaitella yang diusung oleh parpol non seat (tanpa kursi) di DPRD, memperoleh 383.705 suara. Selisih suara dua pasangan ini sebanyak 6.179.

HEBAT MENYUSUL  
Bakal calon wakil gubernur di PDIP semakin bertambah menjadi dua, yakni Daud Sangadji dan Anderias Rentanubun. Daud mengambil formulir pada Sabtu, pekan kemarin.
Sedangkan Rentanubun yang adalah Bupati Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) itu, datang sendiri ke Sekretariat DPD PDIP Provinsi Maluku, Karang Panjang  untuk mengambil formulir pendaftaran, Senin (15/5). “Yang ambil formulir hari ini (kemarin) satu orang, Ir Andre Rentanubun,” kata ketua tim Penjaringan dan Penyaringan balon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku 2018-2023 DPD PDIP Maluku, Tobhyhend J.M. Sahureka.

Sementara itu, tim balon gubernur dan wagub, Herman Adrian Koedoeboen-Abdullah Vanath (HEBAT), Fajrin Rumalutur memastikan, akan mengambil formulir pendaftaran di PDIP, Rabu (17/5) dalam format pasangan. “Berpasangan. Insyah Allah, hari Rabu katong (kita) ambil formulir,” kata Fajrin.

Tim balon gubernur, Tagop Sudarsono Soulisa berencana mengambil formulir pada 19 Mei. Tagop optimis, bisa mendapatkan rekomendasi PDIP. ”Tanggal 19 (Mei). Insyah Allah, kami optimis,” kata Arsad Souwakil, salah satu tim Tagop. (AHA/TAB)

Click to comment

Most Popular

To Top