Kobarkan Semangat Pattimura Untuk Membangun Negeri – Ambon Ekspres
Berita Utama

Kobarkan Semangat Pattimura Untuk Membangun Negeri

PAWAI OBOR: Penyerahan obor Pattimura oleh Abua Tuasikal Bupati Maluku Tengah kepada Ir. Said Assagaf Gubernur Maluku pada Upacar perayaan HUT Pattimura yang ke 200 di lapangan upacara Negeri Saparua, Senin (15/5).

AMEKS ONLINE,–Semangat nasionalisme yang ditunjukan Thomas Matulessy atau Kapitan Pattimura harus dijadikan contoh yang terbaik bagi generasi muda Maluku, untuk selalu merawat kemajemukan yang ada di bangsa ini. “Melalui perayaan HUT Pattimura ini, saya ingin merangsang masyarakat di pulau-pulau lain, agar event-event historis, kultural dan sosial yang bernilai luhur harus digali. Supaya apa yang kita kerjakan tidak menjadi retorika sejarah. Karena Pattimura telah menitipkan semangat perjuangan itu kepada kita dan generasi kita kedepan nanti,” kata Gubernur Maluku, Said Assagaff saat memberikan sambutan dalam perayaan 200 tahun Pattimura, di Lapangan Benteng Durstede Saparua, Senin (15/5).

Menurut dia, salah satu yang diajarkan Pattimura, yakni kemajemukan dalam membangun dan mempertahankan NKRI. “Tanpa perjuangan Pattimura mungkin tidak ada namanya Indonesia. Untuk itu jangan lagi mereduksi pikiran-pikiran yang bersifat individualisme. Kita adalah generasi Pattimura masa kini yang siap untuk bangsa ini lebih baik,” jelas dia.

SAHDAN FABANYO/AMEKS
PAWAI OBOR PATTIMURA Pada Upacar perayaan HUT Pahlawan Kapitan Pattimura yang ke 200 di Negeri Saparua Kabupaten Maluku Tengah, Senin (15/5).

Dikatakan, ketokohan seorang Kapitan Pattimura, merupakan sebuah simbol kepahlawanan terhadap orang Maluku, yang berada dari penindasan dan ketidakkeadilan yang masih mengancam, eksistensi dan masa depan bangsa ini. “Apabila kita tidak segera menata diri dalam segala bidang maka kita akan terus terjajah dan semangat Pattimura itu akan hilang. Pentingnya kita hingga apa yang pernah disampaikan Soekarno, Indonesia tanpa Maluku, bukanlah Indonesia adalah bentuk pengakuan pentingnya peran negeri ini,” bebernya.

Assagaff menegaskan, Kapitan Pattimura boleh redup. Tetapi semangatnya tetap hidup dalam sanubari masyarakat. Sebab nasionalisme  yang diperlihatkan Pattimura bukan untuk orang Maluku saja. “Nasionalisme yang diajarkan Pattimura itu dari sambang sampai Merauke. Oleh karena itu kita harus jadi contoh  terbaik dibaik di bangsa ini,” tegas dia.

Prev1 of 2

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!