Kopertis: Yayasan Pendidikan Darusalam Ilegal – Ambon Ekspres
Berita Utama

Kopertis: Yayasan Pendidikan Darusalam Ilegal

FOTO Muhammad Bugis

AMEKS ONLINE,–Koordinator Kopertis Wilayah XII Maluku-Maluku Utara Muhammad Bugis kembali mengeluarkan pernyataan resmi terkait keabsahan pengelolaan kampus Universitas Darusalam Ambon.  Merujuk pada SK Kemenristek Dikti Nomor 491/KPT/I/2016 tentang Perubahan Badan Penyelenggara Universitas Darusalam Ambon  dari Yayasan Darusalam menjadi Yayasan Darusallam Maluku.

Dalam keterangan pers, Bugis menegaskan, Kopertis hanya mengakui secara kelembagaan aktifitas kampus Unidar Ambon yang dikelola oleh Yayasan Darusalam Maluku. “Ketika saya mulai bertugas di Kopertis, telah ada SK Kemenristek Nomor 491/KPT/I/2016 yang menegaskan pengakuan aktifitas kampus Unidar yang sah dan diakui pemerintah yakni dibawah naungan Yayasan Darusalam Maluku. Tentu sebagai perpanjangan tangan menteri, saya tetap merujuk pada keputusan pimpinan,” tegas Bugis kepada wartawan di ruang kerjanya, kemarin.

Dengan demikian, kata dia, segala aktifitas kampus yang diluar Yayasan Darusalam Maluku dinyatakan illegal. Apalagi, hal ini diperkuat dengan keluarnya putusan Mahkamah Agung yang menolak kasasi yang diajukan Yayasan Pendidikan Darusalam Ambon.  Karena itu, seluruh aktifitas mahasiswa maupun dosen di kampus Unidar di Tulehu diimbau untuk kembali bergabung dengan kampus Unidar Ambon yang beralokasi di Wara Kebun Cengkeh. “Ketika Kemenristek Dikti mengeluarkan keputusan ini, artinya Pangkalan Data Perguruan Tingggi (PDPT) Unidar Ambon hanya dibuka untuk kampus Unidar di Wara. Dengan demikian, masalah ini sudah clear (selesai) karena diperkuat keputusan Menristek dan putusan Mahkamah Agung,” tandasnya.

Prev1 of 2

Most Popular

To Top