Museum Siwalima Gelar Pameran Keliling di Saparua – Ambon Ekspres
Pesona Manise

Museum Siwalima Gelar Pameran Keliling di Saparua

AMEKS ONLINE–Museum Siwalima Provinsi Maluku menggelar pameran keliling dalam rangka peringatan 200 tahun perjuangan Pattimura di Kecamatan Saparua, Kabupaten Maluku Tengah, selama dua hari, yaitu, 14 hingga 15 Mei.

Pada pameran tersebut Museum Siwalima 53 koleksi benda, data dan informasi, baik berupa, senjata api, parang, salawaku dan sejumlah senjata lain yang digunakan masyarakat Maluku dalam menghadapi penjajah.
Selain itu, ada juga sejumlah benda koleksi lainnya yang dipamerkan, diantaranya, rempah-rempah, timbangan, bakul, peralatan memetik pala dan cengkih.

Untuk memamerkan sejumlah koleksi tersebut, Museum Siwalima bekerja sama dengan sejumlah instansi lain, seperti, Balai Pelestarian Nilai Budaya (BNPB) Maluku dan Balai Arkeologi.

Menurut Kepala Museum Siwalima Provinsi Maluku, Jen Saiya, pameran keliling tersebut dilakukan agar masyarakat dapat lebih mengenal dan memaknai perjuangan Pattimura dalam mengusir penjajah dari Bumi Maluku, saat ditemui wartawan pada lokasi pemeran di Pavilium gedung Diorama Sejarah Pattimura, Senin (15/5).
Selama pelaksanaan, ungkapnya, lokasi pameran banyak dikunjungi oleh siswa, baik siswa Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) maupun Sekolah Menengah Atas (SMA), ditambah dengan pengunjung umum atau masyarakat.

Prev1 of 2

Click to comment

Most Popular

To Top