Nanulaita : Jika Diminta, Kami Siap Bantu BWS – Ambon Ekspres
Amboina

Nanulaita : Jika Diminta, Kami Siap Bantu BWS

AMEKS ONLINE–Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon lewat Dinas Pekerjaan Umum (PU) siap membantu Balai Wilayah Sungai (BWS) Maluku untuk melakukan pengerukan lima sungai yang ada di wilayah Kota Ambon. Hal ini ditegaskan Kadis PU Kota Ambon, Brury Nanulaita kepada Ambon Ekspres di Ambon, kemarin.
Menurut Nanulaita, pengerukan lima sungai yang ingin dilakukan, masih terkendala akses masuk alat berat. Namun, kami siap membantu pihak BWS untuk menuntaskan persoalan tersebut.

“Terserah pihak BWS, kalau mereka ingin melakukan pengerukan, maka harus diberitahukan. Kami siap turun ke masyarakat untuk melakukan sosialisasi terkait rencana pengerukan itu,” jelasnya.
Direncanakan, kata Nanulailta, proses pengerukan akan bertumpu pada lima sungai, yakni Sungai Galala, Batumerah, Skip, Batugajah dan Sungai Batugantung.

“Memang butuh proses untuk melakukan pengerukan tersebut, salah satunya adalah koordinasi pihak BWS dengan PU Kota Ambon. Terlepas dari semua itu, kami siap membantu mereka,” jelasnya.
Kata Nanulaita, salah satu faktor penyebab terjadinya banjir di Kota Ambon adalah meningkatkan volume sedimen di sejumlah sungai tersebut. Makanya harus ada pengerukan.

“Sekarang sudah musim hujan. Bila sungai ini tidak dikeruk, maka ancaman banjir bisa saja terjadi. Artinya, proses ini harus dilakukan secepatnya. Kami belum terlambat, yang penting ada kemauan bersama untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan bersama,” harap dia.
Yang pasti, tambah Nanulaita, pihaknya siap membantu BWS untuk mempermudah akses pengerukan. Yang penting, harus ada komunikasi yang baik antara kedua pihak.“Pada prinsipnya kami siap mempermudah teman-teman dari BWS dalam melaksanakan program perioritas di tahun ini. Kami dalam posisi menunggu, kalau mereka meminta bantuan pasti kami bantu,” tutup Nanulaita. (ZAL)

Most Popular

To Top