Rencana Pelantikan di Lapangan Merdeka – Ambon Ekspres
Berita Utama

Rencana Pelantikan di Lapangan Merdeka

AMEKS ONLINE,–Pemerintah Provinsi Maluku, telah menerima radiogram dan surat keputusan dari Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo terkait pelantikan empat kepala daerah, hasil pilkada Februari lalu. Pelantikan dipastikan akan berlangsung 22 Mei mendatang.

Gubernur Maluku Said Assagaff berkeinginan untuk melantik keempat kepala daerah itu, secara serentak dan akan berlangsung diluar gedung alias lapangan terbuka. “Besok (hari ini red) saya rapat dengan sekda. Saya minta pelantikan empat kepada daerah ini di Lapangan Merdeka. Biar semua orang bisa hadiri dan saksikan langsung,” kata Assagaff usai pelaksanaan upacara HUT Pattimura di Saparua, Maluku Tengah, Senin (15/5) kemarin.
Assagaff memiliki alasan tersendiri untuk melantik keempat pasangan kepala daerah itu di Lapangan Merdeka.

Empat pasangan itu yakni Richard Louhenapessy-Syarif Hadler (Walikota dan Wakil Walikota) Ambon, Yasin Payapo-Teimotius Akerina (Bupati dan Wakil Bupati Seram Bagian Barat), Ramly Umasugi-Amus Besan (Bupati dan Wakil Bupati Buru) serta Petrus Fatlolon-Agustinus Utuwaly (Bupati dan Wakil Bupati Maluku Tenggara Barat) di lapangan tersebut. “Alasanya inikan pesta rakyat. Jadi masyarakat harus dilibatkan dan bersuka ria atas kehadiran pemimpin mereka yang baru. Bakso-bakso, coto-coto kita gratiskan saja dan makan bersama nanti,” jelas dia.
Kepastian waktu pelantikan itu, lanjut Assagaff, setelah pihaknya melakukan rapat dengan sekda di Kantor Gubernur Maluku. “Nah untuk waktunya besok baru bisa kita pastikan. Pastinya 22 Mei saya lantik mereka dan itu rencananya di Lapangan Merdeka,” terangnya.

Sementara itu Bupati Maluku Tenggara Barat terpilih Petrus Fatlolon mengatakan, pihaknya tidak mempersoalkan keinginan gubernur untuk melakukan pelantikan di Lapangan Merdeka. “Kalau saya dan pasangan saya menyesuaikan saja dengan keputusan maupun keinginan pak gubernur. Beliaukan sebagai  wakil dari pemerintah pusat. Jadi sepanjang itu baik maka kita sesuaikan saja,” kata dia ketika dihubungi tadi malam.

Empat pasangan Kada yang akan dilantik, kata Fatlolon, tidak akan mempersoalkan pelantikan ditempat terbuka ataupun ditempat tertutup. Hanya saja bila pelantikan akan digelar di Lapangan Merdeka, masih menjadi sebuah wacana maka tentu perlu dibicarakan lagi. “Kalau sudah menjadi sebuah keputusan beliau (gubernur red), kami rasa tidak jadi masalah. Tapi kalau itu hanya sebuah wacana maka kita diskusikan lagi. Tetapi apapaun dan dimana tempatnya saya kita bukan persoalan,” tandasnya.(AHA)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!