Pengungsi Harus Segera Dipulangkan – Ambon Ekspres
Berita Utama

Pengungsi Harus Segera Dipulangkan

ENGUNGSI: Warga Batu Koneng yang mengungsi di Lantamal IX Ambon, akibat bentrok yang terjadi beberapa waktu lalu.

AMEKS ONLINE,–Konflik yang terjadi di Dusun Batu Koneng beberapa waktu lalu, terus mengundang keprihatinan sejumlah kalangan. Kali ini datang dari Badan Koordinasi Masyarakat Maluku – Sulawesi Tenggara (BKMM-Sultra). Wadah paguyuban ini berharap, persoalan tersebut segera dituntaskan, baik dari aspek hukum maupun dampak sosialnya.

Sekretaris Umum BKMM-Sultra, La Suryadi dalam keterangan persnya kemarin, (16/5), mengatakan, pihaknya berkewajiban melihat persoalan tersebut. Mengingat warga Batu Koneng yang menjadi korban dalam konflik tersebut juga adalah bagian dari tanggung jawab BKMM-Sultra.

Dia mengaku, sejauh ini pihak BKMM telah melakukan sejumlah langkah positif diantaranya mendorong dan mendukung pemerintah dalam menuntaskan persoalan tersebut. Juga mendukung pihak keamanan untuk mengusut tuntas kasusnya, termasuk mengawal dan mendorong pengungkapan oknum-oknum yang terlibat dalam konflik tersebut.

Ia melanjutkan, oknum-oknum yang terlibat penganiayaan terhadap warga Batu Koneng harus diungkap secepatnya, begitu juga dengan oknum-oknum yang melakukan pengrusakan rumah-rumah warga. “Dalam koordinasi kita dengan aparat keamanan telah disampaikan untuk segera mengungkap dan menuntaskan kasus ini. Kasus ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut, sehingga masalahnya tidak melebar,” ujarnya lagi.

Dan kepada Pemerintah Provinsi Maluku maupun Pemerintah Kota Ambon, lanjut dia, akan segera dikomunikasikan dan dikoordinasikan terkait dengan harapan-harapan pengungsi. Dimana para pengungsi sangat berharap untuk mereka segera kembali ke rumah masing-masing, tentu harus dengan jaminan pemerintah dan aparat keamanan.

Suryadi mengaku, hasil tatap muka mereka dengan pengungsi pada 15 Mei lalu, mereka sangat berharap segera kembali ke rumah masing-masing. Mengingat tinggal beberapa hari lagi sudah memasuki bulan Ramadhan. “Kondisi dipengungsian tentu sangat memprihatinkan. Karena itu diharapkan pemulangan pengungsi harus segera dilakukan pemerintah,” harapnya.

Tentu, kata dia, proses pemulangan pengungsi di dua lokasi baik di Lanal Halong maupun di Denzipur 5 harus diikuti dengan jaminan keamanan oleh aparat keamanan dan pemerintah. “Pada 15 Mei lalu kita sudah turun dan bertatap muka dengan warga Batu Koneng dan melihat kondisi mereka di pengungsian. Kita meminta mereka untuk bersabar, karena pemerintah dan aparat keamanan terus bekerja untuk menuntaskan masalah ini,” tandas dia.

Disisi lain, kata dia, pihaknya terus memantau perkembangan yang dialami masyarakat Batu Koneng yang ada di pengungsian, baik di Lantamal Halong, maupun di markas Denzipur 5. Begitu juga terus membangun komunikasi dengan berbagai pihak untuk mencarikan solusi menyelesaikan persoalan ini. “Kita sangat berharap pemerintah dapat memperhatikan hal ini (pemulangan pengungsi) secepatnya. Kita dari BKMM selalu siap jika diminta untuk memberikan masukan-masukan dalam proses pemulangan pengungsi ini,” ujarnya.

(DWI)

Most Popular

To Top