Jadi, Kenapa Fidget Spinner Ini Hits Banget? – Ambon Ekspres
Pendidikan

Jadi, Kenapa Fidget Spinner Ini Hits Banget?

JADI BURUAN: Fidget spinner. (CNN)

AMEKS ONLINE,Slime dan squishy sepertinya sudah out of date. Anak-anak Anda belakangan ini pasti meminta dibelikan fidget spinner. Mainan imut dengan berbagai warna yang menjadi booming di seluruh dunia.

Sangkin bekennya, di Amerika Serikat, anak-anak tidak boleh membawanya ke sekolah. Dan toko-toko permainan kerap kehabisan stok. Namun di balik ketenarannya,  fidget spinner mengandung sejarah menarik sebagai perangkat pembelajaran.

Fidget masuk dalam kategori permainan untuk mengurangi kegelisahan. Sederhana, dipegang dengan satu tangan, dan bisa dimainkan tanpa bikin heboh. Alat ini memiliki bagian tengah yang stabil dan kumparan dengan dua atau tiga pendayung yang membuatnya bisa berputar. Bila bagian tengah ditekan, pendayungnya akan berputar. Seperti kipas angin lah. Harapannya, mereka yang memainkannya bisa menjadi relaks dan puas. Mereka yang jago memainkan ini bisa terus memutarnya sampai semenit.

Permainan ini awalnya didesain untuk membantu siswa dengan gangguan perhatian. Para ahli mengatakan, membuat tangan anak dengan gangguan perhatian sibuk, bisa membantu memperbaiki konsentrasi mereka. Tetapi yang tidak disangka-sangka, permainan ini menjadi hits banget.

Apa yang membuatnya menarik? Cindy O’Hara, pemilik Learning Express, toko edukasi di dekat Atlanta, Amerika Serikat, mengatakan kalau fidget spinner menjadi mainan yang paling banyak dicari selama 19 tahun dia membuka tokonya. ”Permintaannya sangat besar. Kami beberapa kali kehabisan stok,” katanya kepada CNN.

Anak-anak, kata O’Hara memburu aneka warna dan motif. Plus bahan pembuatannya. ”Mainan ini menarik semua usia anak-anak. Mulai tujuh tahun sampai anak SMA. Anak-anak yang lebih muda pun ingin memilikinya.”

Joel Best, profesor sosiologi dan hukum kriminal dari Universitas Delaware, AS, mengatakan kalau permainan ini menjadi hits karena orang dewasa tidak memahaminya. ”Bagian terpenting dari anak-anak adalah secara bertahap melepaskan diri dari keluarga dan menjadi diri sendiri. Dan fidget spinner seolah mewakili itu, Ini adalah saya, ini permainan saya. Orang dewasa tidak harus memahaminya,” katanya.

Best, yang menulis artikel mengenai fidget, mewawancarai 30 mahasiswanya mengenai permainan baru ini. Dan, hanya dua yang mengetahuinya. ”Bagi orang dewasa, kebingungan mengenai tujuan permainan ini adalah daya tarik permainan ini bagi anak-anak,” ujarnya. Bagimana? Jadi membelikan anak Anda fidget spinner? (CNN/tia)

Click to comment

Most Popular

To Top