Lestarikan Budaya Minang Lewat Karnaval Budaya Maluku – Ambon Ekspres
Pesona Manise

Lestarikan Budaya Minang Lewat Karnaval Budaya Maluku

AMEKS ONLINE–Warga Ambon asal Minangkabau turut berpartisipasi pada Karnaval Budaya Maluku yang digelar Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Maluku pada Kamis (18/5), hari ini.

Ketua Bagian Seni, Budaya dan Pemuda Ikatan Keluarga Minang, Indra Chaniago mengatakan, keikutsertaan warga Minang tersebut merupakan bagian dari upaya pelestarian budaya Minang ditengah masyarakat.
Sehingga pihaknya memberikan apresiasi undangan BPNB Maluku untuk terlibat dalam kegiatan budaya tersebut. “Kita warga Ambon asal Minang, jadi ini merupakan suatu apresiasi kepada kami untuk dapat ambil bagian dalam karnaval ini,” ujarnya.

Pada karnaval tersebut, kata Chaniago, warga Minang akan menampilkan khasana budaya Minang, terutama pakaian pengantin Minang. “Pakaian pengantin adat minang memiliki tiga warna, yakni, hitam, kuning dan merah. Namun yang paling dominan adalah warna merah. Ini yang akan ditampilkan dalam karnaval budaya Maluku,” katanya.

Selain itu, pakaian pengantin tersebut akan dipadukan dengan Sunting atau hiasan kepala yang lebih tinggi.
Sunting atau hiasan kepala tersebut untuk beberapa daerah di Minangkabau berbeda-beda. Biasanya, untuk daerah pesisir Kota Padang, Pesisir Selatan, Pariaman dan Padang Pariaman, memiliki sunting yang lebih tingi. “Ini juga akan kita tampilkan,” ujarnya.

Sedangkan untuk memeriahkan karnaval tersebut, warga Minang juga akan menampilkan atraksi seni Tari Piring. “Kita juga siapkan Tari Piring yang merupakan ciri khas Minang untuk dipertujukkan pada karnaval ini,” pungkasnya.(PRO2)

Most Popular

To Top