Rektor IAIN Digugat Rp 2 miliar – Ambon Ekspres
Hukum

Rektor IAIN Digugat Rp 2 miliar

AMEKS ONLINE,- Gugatan terhadap Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, Hasbollah Toisuta kembali dilakukan. Sebelumnya dia digugat Rp 4 miliar oleh dua bawahannya, Dr Moh Yamin Rumra MSi, dan Dr Husin Anang Kabalmay, MH. Kali ini gugatan kembali dilayangkan 4 bawahannya. Mereka masing-masing Dr Muhajir ABD Rahman, Dr Abdul Jabar Abdul, Dr Moh Yamin Rumra dan DR Husni Anang Kabalmay. Gugatan tersebut dimasukkan kuasa hukum penggugat, Sumiadin ke Ketua Pengadilan Negeri Ambon, Senin (15/5).

Berdasarkan rilis yang diterima, surat gugatan tersebut terdaftar dengan nomor perkara 107/Pdt.G/2017/PN.AMB tanggal 15 Mei 2017. Menurut Sumiadin, rektor digugat karena dianggap melakukan perbuatan melawan hukum dengan tidak menjalankan keputusan Menteri Agama untuk mencabut surat keputusan pemberhentian keempat anak buahnya yang bertindak sebagai dewan senat pada IAIN Ambon yang diangkat dan atau ditetapkan berdasarkan Keputusan Rektor IAIN Ambon Nomor. 36 Tahun 2015 tanggal 24 Maret 2015, priode 2012/2016.

Pasalnya, kata dia, secara de facto dan yuridis seluruh tindakan dan perbuatan tergugat dalam menerbitkan surat keputusan pemberhentian kliennya sangat jelas merupakan perbuatan melawan hukum serta pelanggaran terhadap aturan perundang-undangan. Apalagi setelah terbit putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) yang telah berkekuatan hukum tetap. “Dalam amar putusan menyatakan batal surat keputusan tertanggal 324 Maret  2015 tentang pemberhentian keempat klaen kami dari dewan senat. Kemudian poin kedua mewajibkan Rektor IAIN mencabut keputusan yang memberhentikan klien saya dari jabatan. Poin ketiga mewajibkan tergugat untuk memulihkan hak penggugat dalam kedudukan, harkat dan martabatnya seperti semula atau jabatan lain yang setara,” jelas Sumiadin.

Prev1 of 2

Most Popular

To Top