Arah Koalisi Parpol Buat Assagaff – Ambon Ekspres
Berita Utama

Arah Koalisi Parpol Buat Assagaff

–Hadapi Pilgub 2018

AMEKS ONLINE,- Rekomendasi Golkar saja belum cukup bagi Said Assagaff untuk mencalonkan diri. Karena itu, dia sedang membangun komunikasi dengan beberapa partai politik lain. Selain memenuni persyaratan pencalonan, juga untuk menggalang dan menguatkan basis politik.

Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku 2013, Assagaff yang berpasangan dengan Zeth Sahuburua diusung Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Amanat Nasional (PAN). Kemungkinan koalisi ini masih tetap dipertahankan. “Minimal beliau mempertahankan koalisi kemarin (Pilgub 2013),” kata  Wakil Ketua DPD Partai Golkar Maluku, Haeruddin Tuarita saat ditanya Ambon Ekspres via seluler, Rabu (17/5) tentang bayangan koalisi parpol yang direncanakan Assagaff untuk maju dalam perhelatan Pilgub Maluku 2018.

Selain Partai Golkar (6 kursi), PKS (6 kursi), PPP (1 kursi) dan PAN (1 kursi), Assagaff juga sudah membangun komunikasi dengan PDI Perjuangan (7 kursi), Partai Demokrat (6 kursi) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) yang memiliki 5 kursi DPRD Maluku. Tetapi tidak semua parpol tersebut akan digenggam Assagaff.

Olehnya itu, Assagaff pasti memilah dan memilih parpol yang bisa menjaga hubungan baik dengannya jika dia kembali terpilih. Ini penting, agar keputusan yang akan dibuat, tidak diganjal di DPRD. “Kemungkinan juga ke Demokrat dan Gerindra. Komunikasi dengan Gerindra dan Demokrat sudah dibangun.  Tapi, bahwa nanti beliau memilah-milah. Dan saya kira itu sesuatu yang luar biasa,” ungkap ketua Bapilu Maluku Tengah itu.

Dua parpol yang hampir pasti mengusung Assagaff, kata Haeruddin, adalah PPP dan PKS. Ini karena hubungan antara PPP dan PKS masih terjalin dengan baik dalam menjalani pemerintahannya sekira kurang lebih sudah tiga tahun ini.

Prev1 of 3

Most Popular

To Top