Legislator Minta Tim Saber Awasi Pungli di Sekolah – Ambon Ekspres
Amboina

Legislator Minta Tim Saber Awasi Pungli di Sekolah

Toisutta : Harus Ada Tindakan Tegas 

AMEKS ONLINE–Jelang proses kenaikan kelas dan pendaftaran siswa baru, membutuhkan biaya cukup besar bagi setiap orang tua murid. Akan tetapi, yang ditakutkan adalah pungutan liar (pungli) jika diterapkan para oknum pihak sekolah.

Untuk itu, Komisi II DPRD Ambon mengingatkan agar tim sapu bersih pungli (Saber Pungli) bisa lebih proaktif melihat hal ini. Seperti diketahui, pihak Inspektorat Kota Ambon beberapa bulan lalu pernah manargetkan 5 Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) Kota Ambon, yang diduga masuk dalam daftar pungli.

Lima SKPD itu adalah , dinas pendidikan, dinas sosial, dinas kesehatan, dinas catatan sipil dan dinas perhubungan. Tim Inspektorat pun berkoordinasi dengan Tim Saber Pungli Kota Ambon untuk bersama-sama melakukan pengawasan. Sayang, hingga kini belum ada hasil maupun temuan-temuan dari hasil pengawasan tersebut.
Maka wakil rakyat kembali mengingatkan agar Tim Saber Pungli bisa melakukan pengawasan pada setiap jenjang pendidikan. Agar para orang tua murid tidak dirugikan.

“Kita mau mengingatkan agar pemerintah maupun Tim Saber Pungli bisa lebih proaktir dalam melakukan pengawasan di setiap jenjang pendidikan. Karena saat ini, banyak orang tua murid akan menerima laporan pendidikan dan juga mendaftarkan anaknya ke jenjang pendidikan lebih tinggi. Ditakutkan ada oknum yang sengaja mencari keuntungan pada momentum seperti ini,” pesan Wakil Ketua Komisi II DPRD Ambon, Achmad Ohorella, ketika dikonfirmasi Ambon Ekspres, kemarin.

Prev1 of 2

Most Popular

To Top