Saran untuk Pasien Hipertensi Agar Tensi Darah Terkontrol – Ambon Ekspres
Kesehatan

Saran untuk Pasien Hipertensi Agar Tensi Darah Terkontrol

AMEKS ONLINE–Bagi pasien hipertensi, konsumsi obat bisa membantu mengontrol tekanan darah. Namun, pengaturan gaya hidup juga tak kalah penting. Seperti apa gaya hidup yang dianjurkan?

“Makanan yang dihindari banget makanan asin. Maksimal 1 sendok teh per hari. Tapi memang agak susah menghitungnya ya,” kata dr Prasna Pramita SpPD dari RS Mayapada Jakarta Selatan.
Nah, untuk mengakali asupan garam yang tak mudah ditakar, dr Prasna menyarankan untuk konsumsi air minimal 8 gelas sehari. Tapi jika olahraga, konsumsi air putih bisa ditambah sampai 3-4 liter. Selain itu, dr Prasna mengingatkan untuk mengelola stres.
“(Mengelola) stres agak susah sih ya, kadang nggak mikir tapi kepikiran. Tapi minimal kita bisa berusaha agak cuek deh, nggak perlu terlalu dipikirkan, jadi lebih ringan buat kitanya,” kata dr Prasna.

Tak lupa, dr Prasna berpesan agar jam tidur tercukupi. Lalu, apa jenis olahraga yang dianjurkan untuk pasien hipertensi? Menurut dr Prasna sepeda statis, berenang, atau berjalan di air bisa jadi pilihan.
Sangat dianjurkan melakukan olahraga yang ringan. Sebaliknya, dianjurkan menghindari olahraga yang terlalu berat, misalnya tenis.

“Itu kan ada diamnya, main lagi, terpacu terus takutnya terlalu excited. Terus lawan sama lawan kan ada emosionalnya ya secara nggak disadari dan itu bisa memicu kita jadi tegang,” kata dr Prasna.
Soal konsumsi obat, yang kerap dikhawatirkan adalah pengaruhnya terhadap fungsi ginjal. Menanggapi hal ini, dr Prasna mengatakan justru dipertimbangkan jika obat hipertensi tidak dikonsumsi, tekanan darah yang selalu tinggi juga berdampak buruk pada ginjal dan fungsinya.

Untuk memonitor tekanan darah, disarankan mengukur tekanan darah setidaknya 2-3 kali seminggu. Nah, seseorang dikatakan mengidap hipertensi jika dalam dua kali pengukuran didapat hasil tekanan darah lebih besar dari 140 per 100 mmHg. (rdn/up)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!