13 Balon Ambil Formulir di PDIP – Ambon Ekspres
Berita Utama

13 Balon Ambil Formulir di PDIP

AMEKS ONLINE,–Sebanyak 13 bakal calon (balon) gubernur dan wakil gubernur Maluku sudah mengambil formulir pendaftaran di DPD PDIP Maluku. Kini tinggal dinantikan, siapa yang bakal secara resmi melakukan pendaftaran pada 20 – 27 Mei 2017.

“Hari ini (kemarin) waktu pengambilan formulir sudah ditutup. Dan ada 13 belas bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang secara resmi mengambil formulir. Nantinya kita lihat  mulai besok (hari ini) sampai tanggal 27 Mei, siapa-siapa saja yang mengembalikan formulir. Berarti dia yang terdaftar  secara resmi,” ujar tim penjaringan Nigsih Batjo kepada Ambon Ekspres, Jumat (19/5).

Dikakatan, dari jumlah tersebut, yang mengambil formulir untuk bakal calon gubernur sebanyak  6 orang. Sedangkan untuk calon wakil gubernur sebanyak 7 orang.

Hari terakhir pengambilan formulir, dimanfaatkan Bitzael Silvester Temmar, Tagop Soulisa, Sami Latbual dan Edwin Huwae. ‘’Mereka berempat ini baru ambil formulirnya dihari hari ini (kemarin) karena sesuai jadwal 19 Mei sudah penutupan,” katanya.

Salah satu pengurus DPD PDI-Perjuangan yang tidak mau namanya disebutkan mengatakan, PDIP memprecepat proses penjaringan dikarenakan masih banyak pentahapan yang harus dilakukan. Diantaranya survey bakal calon dan juga dilakukan sekolah pengkaderan calon kepala daerah, yang wajib diikuti oleh calon yang berproses di PDIP tanpa terkecuali. “Memang penjaringan sedikit dipercepat, karena selain survei internal yang dilakukan partai, PDIP juga akan mewajibkan calon yang proses harus mengikuti sekolah pengkaderan calon kepala daerah,” ungkapnya.
YAKIN KANTONGI REKOMENDASI

Sementara itu, Bupati Buru Selatan (Bursel) Tagop Solissa mengantarnya menuju DPD PDIP Maluku untuk mengambil formulir pendaftaran sebagai bakal calon Gubernur Maluku 2018. Kedatangan bupati dua periode ini, dikawal ketat oleh para simpatisannya. Dengan keyakinan, PDIP akan merekomendasinya untuk melawan sang Petahana Said Assagaff.

Kepada wartawan, Tagop menegaskan, dirinya siap maju sebagai bakal calon gubernur. Karena menganggap Maluku membutuhkan pemimpin muda yang loyal dan berkualitas.

Menurutnya, sebagai seorang politisi, pastinya memiliki strategi politik untuk bisa melawan sangat petahana Said Assagaff jika rekomendasi PDIP nantinya diberikan kepadanya. Namun untuk posisi bakal calon wakil gubernur yang akan digandengnya, masih dirahasiakan. “Keinginan saya untuk maju, tentu ada strategi politik. Karena politik ini sama dengan berperang. Dan saya optimis akan diberikan rekomendasi PDIP. Karena PDIP ingin membangun paradigma baru di Maluku. Dan untuk wakil, itu masih menjadi rahasia. Karena perlu dilakukan survey. Jadi kalau soal wakil nanti lah,” tutur Tagop.

Ditanya soal membangun komunikasi dengan partai politik, Tagop mengaku, selain PDIP seluruh partai politik sudah dilakukan koordinasi. Dan ada beberapa partai politik yang menjadi targetnya untuk mendapat dukungan menuju calon Gubernur Maluku. “Selain PDIP, ada beberapa partai politik, tapi itu juga menjadi rahasia. Dan saya yakin, ada beberapa partai yang akan memberikan rekomendasi kepada saya. Jadi koordinasi terus saya bangun. Bahkan ada yang sudah 90 persen,” tandas kader PDIP ini.(WHB/ISL)

Most Popular

To Top