Gus Mus: Dahlan Iskan Akan Naik Derajat – Ambon Ekspres
Berita Utama

Gus Mus: Dahlan Iskan Akan Naik Derajat

AYENG: Gus Mus (kanan) saat menyambangi Dahlan Iskan

AMEKS ONLINE, SURABAYA.–KH Mustofa Bisri meluangkan waktu khusus untuk menemui Dahlan Iskan di rumahnya Kamis (18/5). Mantan rais am PB NU itu mengimami salat Duhur berjamaah dilanjutkan doa bersama untuk Dahlan.

Kedatangan Gus Mus –sapaan akrab KH Mustofa Bisri– di rumah Dahlan cukup mendadak. Saat kiai karismatik itu sudah dalam perjalanan ke rumah Dahlan, mantan menteri BUMN tersebut sedang menjadi pembicara dalam launching buku yang ditulis Sekretaris PW NU Jatim Prof Muzakki bersama Ketua PW NU Jatim KH Hasan Mutawakkil ’Alallah di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Dahlan menyambut Gus Mus dengan sangat hangat. ”Saya datang untuk silaturahmi sesama saudara,” ucap Gus Mus. Setelah saling menanyakan kabar, pengasuh Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin, Rembang, itu langsung berwudu dan memimpin salat Duhur berjamaah. Setelah salat, Gus Mus mendoakan Dahlan agar tabah dan sabar dalam menghadapi segala yang sedang menimpanya.

Pertemuan Dahlan dengan kiai yang juga penyair itu berlangsung gayeng. Mereka berdiskusi tentang banyak hal sembari menikmati makan siang. Mulai persoalan agama, negara, hingga perkembangan NU saat ini. Gus Mus juga bercerita tentang masa kecilnya diselingi humor yang membuat terpingkal-pingkal yang mendengarnya.
Gus Mus bercerita bagaimana dirinya pindah-pindah sekolah dari Ponpes Lirboyo, Kediri, hingga ke Pondok Pesantren Krapyak, Jogjakarta. Sampai akhirnya dia putus sekolah. Meski begitu, dia berhasil kuliah di Al Azhar, Kairo, Mesir.

Di sela-sela diskusi itu, Dahlan sempat menunjukkan kitab tafsir Al Ibriz yang disimpannya di salah satu sudut ruang rumahnya. Kitab tafsir monumental tersebut merupakan karya KH Bisri Mustofa yang merupakan ayah kandung Gus Mus.

Prev1 of 2

Most Popular

To Top