Jangan Coba-coba Balap Liar di Bulan Ramadhan – Ambon Ekspres
Amboina

Jangan Coba-coba Balap Liar di Bulan Ramadhan

ilustrasi

Moses : Kami Akan Tindak Tegas 

AMEKS ONLINE–Polda Maluku, berkomitmen untuk menindak tegas pelaku balapan liar yang masih sering terjadi di wilayah hukum Polda Maluku dengan menjatuhkan sanksi berlapis bagi para pelaku.

“Karena balapan liar ini identik dengan perjudian, pasti ada taruhan, bahkan berpotensi tawuran, serta tindak pidana penadahan, kami akan tindak pelakunya. Apalagi sudah mau bulan puasa,” tegas Kompol Moses Alfons, Kasiturjawali Subdit Jakum Polda Maluku kepada Ambon Ekspres di sela-sela razia kendaraan di Lingkungan DPRD Kota Ambon, Jumat (19/4) pagi.

Perwira murah senyum ini menjelaskan, kasus balapan liar sudah sangat meresahkan warga. Pihaknya kerap menerima laporan warga yang dibuat resah oleh ramaja yang melakukan balapan liar di jalan protocol yang ada di kota ini.
“Balapan liar ini sangat berbahaya dan menggangu lalu lintas dan untuk mencegah hal ini, kami akan terus melakukan razia. Selain itu, butuh peran orang tua dalam membimbing anak-anaknya,” jelasnya.

Tidak hanya itu, lanjut Moses, pelaku balapan liar yang kebanyakan pelajar, sudah mempretelin kendaraannya sehingga tidak sesuai standar keselamatan, dan menggunakan knapot resing yang bikin bising.
“Sejak operasi patuh ini digelar sejak 9 Mei lalu, sudah ada 500 ratus kendaraan roda dua yang berhasil kami amankan dan ada beberapa kendaraan yang sering digunakan untuk aksi balapan liar,” terang dia.
Dari ratusan motor yang diamankan tersebut, kata Moses, para pengendara tidak mampu menunjukkan surat-surat kepemilikan yang sah atas kendaraan yang digunakannya.
“Kami tetap melakukan tindakan tilang. Apalagi mereka yang sering balapan liar, akan tetap ditindak tegas,” ujarnya.

Tidak hanya itu, lanjut dia, pihaknya akan terus memproses pelaku balapan liar (bila kedapatan) terutama mereka yang tidak mampu menunjukkan surat-surat resmi dapat kenai Pasal 303 KUHP yakni praktek penadahan.
“Jadi jangan coba-coba untuk ikut balapan liar, kedapatan akan kami tindak. Tidak membawa surat kami proses pidana, dan kendaraan yang dipretelin kami minta untuk dipasang ulang baru bisa dikeluarkan,” tegasnya.
Pada kesempatan itu, Moses mengimbau kepada para orang tua agar menasehati anak-anak mereka untuk menjauhi petasan, tawuran, dan balap liar.
“Kepada masyarakat agar bisa menjaga kesucian bulan Ramadhan dari tawuran, petasan, dan balap liar. Kami akan tetap bekerja lebih ektra untuk mengamankan dan menjaga wilayahnya dari arena balap liar,” demikian Moses. (ZAL)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!