LSI Rilis Survei Peminat Negara Islam Indonesia, Hasil Mengejutkan – Ambon Ekspres
Nasional

LSI Rilis Survei Peminat Negara Islam Indonesia, Hasil Mengejutkan

Ilustrasi

AMEKS ONLINE, JAKARTA- Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis survei tentang minat publik atas penerapan sistem negara Islam Indonesia. Hasilnya, mayoritas responden tetap menginginkan Indonesia menerapkan demokrasi Pancasila.

Peneliti LSI Andrian Sopa mengatakan, survei bertitel Menegaskan dan Memperbaharui Demokrasi Pancasila digelar pada 5-10 Mei. Survei melibatkan 1.200 responden.

Hasilnya, hanya 8,7 persen responden yang menginginkan Indonesia mengadopsi sistem negara Islam seperti di Timur Tengah. Hal itu menarik karena mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam.

“Jadi hanya 8,7 persen yang menginginkan Indonesia mengadopsi negara Islam. Padahal 85 persen penduduk Indonesia muslim,” ujar Andrian saat merilis saat merilis hasil survei di kantornya, Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat (19/5).

Hasil survei LSI juga memperlihatkan hanya 2,3 persen responden yang menginginkan Indonesia menganut sistem liberal seperti yang dipraktikkan di negara-negara barat. Kemungkinan kata liberal di belakang kata demokrasi punya konotasi negatif dalam kesadaran mayoritas responden.

“Mayoritas responden atau mencapai 74 persen menginginkan demokrasi Pancasila sebagai sistem negara dan parekat. Kata Pancasila di belakang demokrasi sepertinya sudah sedemikian mengakar dalam benak publik,” tutur Andrian.

Prev1 of 2

Click to comment

Most Popular

To Top