Roy Pimpin Demokrat Maluku – Ambon Ekspres
Berita Utama

Roy Pimpin Demokrat Maluku

Elwen Roy Pattiasina

AMEKS ONLINE,—Pucuk pimpinan Partai Demokrat Maluku kembali dijabat Elwen Roy  Pattiasina. Ia dipilih secara aklamasi oleh 10 Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dalam Musyawarah Daerah (Musda) III Demokrat Maluku, kemarin.

Ini merupakan kali kedua Roy mamimpin partai berlambang bintang mercy itu di Maluku. Ia dipilih sebagai ketua pada periode pertama kepengurusan Demokrat Maluku.

Periode kedua direbut Abdullah Vanath lewat musda. Tetapi Vanath tidak lama duduk di kursi ketua. Ia dilawan dari dalam, karena dianggap melawan perintah partai dalam proses pendaftaran calon Gubernur Maluku 2013.

Melalui Musyawarah Luar Biasa (Musdalub), April 2013 di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Jacobus Puttileihallat dan Roy Pattiasina terpilih secara aklamasi sebagai ketua dan sekretaris DPD. Kini, Roy kembali menjabat ketua DPD Partai Demokrat Maluku periode 2017-2022.

Roy mengapresiasi dukungan pengurus DPC dan ranting tersebut. Ia mengajak seluruh komponen partai untuk  membawa Demokrat lebih baik lagi ke depan. “Saya mengapresiasi itu. Tetapi kita masih punya tanggunjawab kedepan untuk sama-sama membangun partai Demokrat yang lebih baik,” ujarnya kepada wartawan seusai penetapan sebagai ketua DPD di Swisbel Hotel, Jumat (19/5).

Pada kesempatan itu, mantan Sekretaris DPD Partai Demokrat Maluku itu juga membantah, tudingan terkait kevakuman Demokrat selama dia dan Jocubus memimpin. Sebab, banyak capaian politik oleh Demokrat, khususnya dalam perhelatan pilkada. “Siapa yang mengatakan itu ? Perlu mereka ketahui bahwa di pilkada 2015 lalu,  Demokrat mengusung empat kepala daerah dan semuanya menang. Tidak hanya itu, di 2017 juga demikian meski hanya dibeberapa daerah. Dan konsolidasi partai selama ini tetap berjalan dengan baik. Jadi, apa yang dikatakan itu tidak benar,” tegasnya.

Sementara itu, ketua panitia penyelenggara Musda Melkias Frans mengatakan,  pemilihan ketua dan agenda musda lainnya berjalan dengan baik dan lancar. Terpilih Roy, diharapkan mampu mambawa partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu lebih lagi ke depan dan dicintai masyarakat. “Musda ini penting dilakukan untuk memilih ketua DPD yang baru dan kemudian disusul dengan kepengurusan DPD Partai yang baru periode 2017-2022. Tidak hanya itu, juga dilakukan evaluasi kepartaian untuk menyusun program partai di tingkat daerah semakin lebih baik, ”pungkas ketua Komisi A DPRD Maluku ini.

Ketua DPC Partai Demokrat Kota Ambon, Rio Tamaela mengatakan, pemilihan ketua DPD kali ini tidak paket dengan sekretaris. Karena itu, tim formatur akan bekerja dan menentukan posisi yang sebelumnya dijabat Roy. “Iya, baru pemilihan ketua. Tidak paket dengan sekretaris. Nanti tim formatur yang tentukan,” singkat Tamaela.

BOB TAK HADIR
Musda yang dibuka Ketua Badan Pembinaan Organisasi Keangotaan dan Kaderisassi (BPOKK) DPP Partai Demokrat, Jenderal TNI (Purn) Pramono Edhie Wibowo itu tidak dihadiri ketua DPD Demokrat Maluku demisioner, Jacobus Puttileihalat alias Bob. “Beliau (Bob) tidak hadir dengan alasan sakit dan saya terima alasan itu. Ya sudah,  saya tetap menjalankan musda sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Karena pada dasarnya musda tanpa siapapun tetap dilakukan, tidak harus ditunda,” ungakp Wibowo usai membuka musda.

Sedangkan Roy mengaku, Bob sedang sakit sehingga tidak dapat menghadiri musda. “Beliau tidak sempat hadir karena sakit  dan dipercayakan kepada saya dengan pengurus yang lain untuk melaksanakan musda ini,” akui Roy.(WHB)

Most Popular

To Top