Donald Trump Ke Arab Disambut Hangat Raja Salman – Ambon Ekspres
Internasional

Donald Trump Ke Arab Disambut Hangat Raja Salman

RESMI: Raja Salman (depan kiri) saat menyambut Donald dan Melania Trump di bandara, Sabtu (20/5). (REUTERS/Jonathan Ernst)

AMEKS ONLINE, – Donald Trump melakukan kunjungan kenegaraan pertamanya setelah menjadi presiden Amerika Serikat Januari lalu. Negara pertama yang dikunjunginya adalah Arab Saudi. Tiba di Bandara Internasional King Khalid di Riyadh, Arab Saudi, Sabtu (20/5), Trump yang naik Air Force One mendapat sambutan hangat dari petinggi kerajaan Arab Saudi.

Begitu turun dari pesawat, Raja Salman bin Abdulaziz langsung menyambutnya di karpet merah. Raja Salman juga bersalaman dengan istri Trump Melania, dan mereka naik limousine kepresidenan AS menuju Pengadilan Kerajaan di Riyadh.

Sambutan yang diberikan sangat membahana. Tidak hanya dari deretan pejabat penting yang hadir, penyambutan itu juga diiringi lantunan band militer plus atraksi jet tempur di langit Riyadh. Itu menunjukkan betapa pentingnya kunjungan Trump di kerajaan Islam tersebut.

Lantas mengapa Trump memilih negara mayoritas Islam sebagai kunjungan perdana internasionalnya? Keputusan itu diambil demi “mengambil hati” masyarakat dunia karena Trump dinilai sebagai anti-Muslim.

”Kami berpikir ini adalah sangat penting untuk memulai perjalanan ke Arab Saudi karena sudah jelas masyarakat mencoba menggambarkan Presiden dalam image khusus (anti-Muslim, Red),” kata pejabat Gedung Putih. ”Ini adalah tempat yang baik untuk memulai. Dan, lihatlah, salah satu masalah terbesar yang kita hadapi di dunia saat ini adalah ektrimis radikal. Kita harus melawannya,” sambungnya lagi.

H.R. McMaster, penasehat kemanaan nasional Trump mengatakan Trump akan memberikan pidato yang menginspirasi. ”Pidato mengenai pentingnya kita melawan ideologi radikal. Trump juga memberikan harapan akan visi Islam yang damai untuk mendominasi dunia,” kata McMaster. (reuters/CNN/tia)

Most Popular

To Top