Hari Ini Gubernur Lantik Empat Kepala Daerah Pertama Kali di Lapangan Merdeka – Ambon Ekspres
Berita Utama

Hari Ini Gubernur Lantik Empat Kepala Daerah Pertama Kali di Lapangan Merdeka

GLADI BERSIH: Empat kepala daerah mengikuti gladi Resi pelantikan, di Lapangan Merdeka Ambon, Minggu (21/5).

AMEKS ONLINE,– Untuk pertama kalinya, pemenang pemilihan kepala daerah (pilkada) di empat kabupaten/kota di Maluku akan dilantik secara bersamaan di Lapangan Merdeka Ambon, Senin (22/5) hari ini. Pelantikan akan dilakukan Gubernur Maluku Ir Said Assagaf.

Mereka yang dilantik masing-masing Richard Louhenapessy-Syarif Hadler (Walikota dan Wakil Walikota Ambon), Petrus Fatlolon-Agustinus Utuwaly (Bupati dan Wakil Bupati Maluku Tenggara Barat), Yasin Payapo-Timotius Akerina (Bupati dan Wakil Bupati Seram Bagian Barat) serta Ramly Umasugi-Amus Besan (Bupati dan Wakil Bupati Buru).

“Pelantikan serentak ini, merupakan satu hal baru juga bagi kita.  Mari kita bersatu dan pelantikan yang dilaksanakan di Lapangan Merdeka ini berjalan lancar. Pelantikan ini berdasarkan SK Mendagri Nomor 131.81-3100 sampai dengan SK Nomor 132.81-3107 tertanggal 17 Mei 2017,” jelas Assagaff kepada wartawan, kemarin.

Menurut dia, pelantikan dilaksanakan setelah proses pilkada di 4 kabupaten/kota itu bisa berjalan dengan aman dan lancar. “Kan demokrasi ini sudah dilaksanakan dengan meriah dan berjalan dengan lancar. Tidak ada insiden-insiden yang mengkhawatirkan. Ini patut disyukuri dan kita berterima kasih kepada msayarakat di kabupaten/kota penyelenggara pilkada. Sehingga tidak ada salahnya jika dilakukan secara terbuka untuk disaksikan oleh masyarakat,” kata dia.

Pelantikan itu, lanjut dia, diperkirakan bakal dihadiri dan disaksikan ribuan masyarakat dari empat kabupaten/kota. “Insha Allah dalam pelantikan nanti, kita akan mengskenariokan secara baik. Masyarakat juga hadir dari 4 kabupaten/kota itu. Sudah tentu diperkirakan sekitar 2.000 orang. Masyarakat juga memeriahkan dan ucapan terima kasih yang diwarnai dengan makan bersama,” bebernya.

Diakui, keputusan pelantikan secara terbuka yang berlangsung di Lapangan Merdeka itu, telah disetujui oleh 4 pasangan kepala daerah yang hadir dalam rapat guna persiapan pelantikan. “Alhamdulilah para kepada daerah tadi seluruhnya sepakat untuk melaksanakan pelantikan secara terbuka di Lapangan Merdeka dan dipastikan para pendukung dan simpatisan juga hadir. Ini hal yang baru,” tandasnya.

Kabag Operasional Polres Ambon, Kompol Bachrie Hehanussa mengatakan, pelantikan 4 pasangan kepala daerah ini akan dikawal ketat ratusan personil gabungan TNI, Polri dan Sapol PP. “Personil yang kita terjunkan untuk mengamankan pelantikan sebanyak 700 personil gabungan TNI dan Polri, yang dibantu pihak lain,” kata dia.

Sistim pengamanan, lanjut dia, dibagi menjadi beberapa ring. Selain itu, ada beberapa jalur yang menuju Lapangan Merdeka juga bakal ditutup. “Pengamanan kita sebarkan dalam tiga ring yang mencakup pertigaan dan perempatan disekitar lokasi pelantikan dan juga lokasi pengamanan VVIP. Kami siapkan tim jihandak Satbrimob Polda Maluku untuk mensterilkan lokasi. Kemungkinan kita akan tutup Jalan Sultan Harun dan AY Patty, Kendaraan akan kita alihakan dari kedua jalur itu,” jelas dia.

Dirinya juga menyarankan kepada para tamu dan undangan yang hendak menuju lokasi kegiatan agar bisa menempelkan stiker atau kode, sehingga personil dilapangan bisa mengetahui hal tersebut. ‘’Kami juga himbau kepada seluruh masyarakat, agar mari kita sama-sama sukseskan pelaksanaan pelantikan ini, dengan tetap menjaga situasi dan kondisi keamanan yang ada,” tandas Hehanussa.(UPI/ERM)

Most Popular

To Top