Ruhulessin Mendaftar di PDIP – Ambon Ekspres
Berita Utama

Ruhulessin Mendaftar di PDIP

Johny Christian Ruhulessin

AMEKS ONLINE, —Pendeta Johny Christian Ruhulessin akhirnya mengikuti kompetisi Pilgub Maluku sebagai bakal calon wakil gubernur. Sejumlah pengamat menilai, mantan Ketua MPH Sinode Gereja Protestan Maluku (GPM), itu punya peluang digandeng Said Assagaff.

Ruhulessin mengambil formulir pendaftaran bakal calon wakil gubernur Maluku di DPD PDIP Maluku, Senin (22/5) pukul 11.35 WIT lewat penerima kuasa, Glen FA Nahumury. “Iya, tadi beliau (Johny Ruhulessin) punya tim ambil formulir,” kata ketua tim penjaringan dan penyaringan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku periode 2018-2023, DPD PDIP Maluku, Tobhyhend Sahureka kepada Ambon Ekspres.

Pdt Ruhulessin memang sejak awal diprediksi bisa menjadi pilihan rasional buat Assagaff untuk menyeimbangi kekuatan lawan. Sebab, ia adalah tokoh agama, sekaligus mempresentasikan demografi politik Lease, Maluku Tengah. “Terkait dengan pak Ruhulessin, juga berpengaruh, karena mempresnetasikan agama Protestan dan etnis Seram. Wacana publik kedua pasangan ini akan berpengaruh terhadap dukungan dari segmentasi agama dan etnis seram kepada incumbent (Said Assagaff),” kata pengamat politik Universitas Pattimura (Unpatti), Johan Tehuayo, kemarin.

Direktur RESCO, M. Jais Patty mengatakan, Assagaff tidak dalam kondisi bingung untuk menimbang banyaknya balon wagub yang ingin berpasangan dengannya. Akan tetapi, Assagaff masih melihat figur yang berpotensi mendapatkan rekomendasi partai. “Saya kira Said tidak dalam kondisi bingung. Tapi sepertinya Said menginginkan calon yang memberikan kontribusi pasti kepadanya. Misalnya partai. Disamping itu Said juga terlihat akomodatif terhadap beberapa partai yang potensial menjadi rival partai Golkar,” jelas Jais, kemarin.

Bila ukurannya modal rekomendasi partai politik, lanjut dia, Assagaff akan menentukan wakilnya setelah PDIP memberikan kepastian. ”Penentuanya kemungkinan besar setelah ada kejelasan dari PDIP, karena kita tahu Said lagi membangun komuniksi intens dengan PDIP,” paparnya.

Disinggung soal  Ruhulessin, menurut Jais, yang telah melakukan survei dan analisis terhadap Pilkada SBB maupun Ambon 2017, juga berpeluang. “Pak Jhon juga sangat potensial. Pasca pilkada DKI dimana polarisasi sosial politik menjadi ancaman, maka figur Pak John juga sangat dibutuhkan untuk itu,” paparnya.(TAB)

Most Popular

To Top