Mantan Presiden Barcelona Ditahan Polisi Spanyol – Ambon Ekspres
Internasional

Mantan Presiden Barcelona Ditahan Polisi Spanyol

Mantan Presiden Barcelona Sandro Rosell

AMEKS ONLINE, –Kepolisian Spanyol menangkap Presiden Barcelona, Sandro Rosell, Selasa, (23/5) waktu setempat. Selain Rossell, Polisi juga menggeledah 9 kantor dan rumah di Timur Laut Catalan.

Penangkapan Rosell berkaitan dengan investagasi tindak pidana pencucian uang (TPPU). Rosell menjadi otak untuk mengumpulkan komisi tidak teratur dari penjualan hak komersial Timnas Brasil.

Menurut laporan dari El Mundo, Rosell mengadakan perjanjian bisnis dengan konferdasi sepak bola Brasil (CBF) sebelum memangku jabatan sebagai Presiden Barcelona. Melalui perusahaan Alianto Marketing, Rosell mengeksploitas hak olahraga Tim Samba.

Modus Rosell adalah menagih komisi di luar pernjanjian pertama. Dalam kasus itu, bekas Presiden CBF Ricardo Teixeira dan eks direktur sepak bola CBF diduga turut bermain dalam kasus ini.

Polisi juga menuduh Rosell melakukan penyimpangan pajak untuk merekrut Neymar dari Santos ke Barcelona pada 2013 lalu. Rosell disebut-sebut menyebut angka fiktif nilai transfer Neymar

Kasus sempat membuat heboh Pengadilan Pajak Spanyol beberapa tahun lalu. Kejaksaan Spanyol menuntut Rosell lima tahun penjara atas dugaan tindak pidana korupsi dan mengemplang pajak. (*/jpg/pojoksatu)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!