Mau Ikut Ekspedisi NKRI Bareng Kopasus, Cek Disini – Ambon Ekspres
Daerah

Mau Ikut Ekspedisi NKRI Bareng Kopasus, Cek Disini

Ilustrasi/Net

AMEKS ONLINE, PONTIANAK. – Ekspedisi NKRI kembali digelar tahun ini. Komando Pasukan Khusus (Kopassus) mengajak mahasiswa Kalbar mengikuti kegiatan yang diselengarakan di Papua bagian selatan itu.

“Kita memberikan kesempatan kepada mahasiswa di Kalbar, agar bisa berpartispasi pada ekspedisi NKRI di Papua bagian selatan,” kata Wair Kopassus Letkol Inf Vivin Alivianto kepada wartawan usai memberikan sosialisasi kegiatan ekspedisi NKRI di hadapan mahasiswa Kalbar di Jalan Suprato, Rabu (24/5).

Vivin yang juga ketua tim sosialisasi wilayah Kalbar mengatakan, alasan dipilihnya mahasiwa sebagai perserta ekspedisi, agar semakin menambah rasa nasionalisme di kalangan kaum intelektual. Cinta tanah air dan mengenal sumber daya alam yang ada di negeri ini.

“Mereka calon-calon penerus, mereka lah nanti yang memegang negeri ini. Mereka ini kita siapkan semuanya, tinggal kita poles jadi, dan kita tumbuhkan rasa nasionalismenya,” tegas Vivin.

Menurut pasukan baret merah itu, negeri ini memiliki kekayaan hayati, flora dan fauna serta budaya yang luar biasa. Banyak orang yang belum mengetahuinya.

Melalui ekspedisi NKRI tersebut, maka akan dapat dikenali oleh para peserta. Selain itu, juga dapat memetakan daerah terisolir yang berpotensi terjadi becana alam.

“Sumber daya alam kita ini luar biasa, banyak orang yang tidak tahu. Tidak hanya itu, daerah-daerah yang berpotensi bencana yang selama ini susah masuk, tetapi dengan adanya pendekatan, kita bisa masuk,” jelas Vivin.

Mantan Dandim 1206 Putusibau ini mengatakan, pada ekspedisi sebelumnya, banyak ditemukan kekakyaan alam di negeri ini. Pada ekspidisi di Kalbar misalnya, ditemukan kodok besar dan bertanduk. Sedangkan ekspedisi di Papua Barat tahun lalu ditemukan spesies ikan yang hanya ada di Indonesia.

“Ekspedisi sebelumnya banyak ditemukan, sumber daya alam yang selama ini orang tidak tahu,” ungkap Vivin.

Tindaklanjut dari temuan itu akan didata dan dipatenkan. Menyatakan itu hasil dari ekspedisi NKRI.

“Setelah itu akan ada tindaklanjut dari tim berikutnya. Dan ini pasti ada program-program selanjutnya,” ujar Vivin.

Dia memaparkan, epkspedisi ke tujuh ini, animo yang mendaftar melalui online hingga saat ini sekitar 1500-an calon peserta.

Nantinya akan diseleksi dengan sangat ketat. Selain seleksi administrasi, tahap berikutnya tes kesehatan serta psikologi.

Selain para mahasiswa juga menargetkan ada kesatuan di luar Kopassus (kesatuan TNI di berbagai daerah-daerah), Polri dan tenaga ahli.

“Ditargetkan sebanyak 750 perserta yang berpartispasi dari perguruan tinggi seluruh Indonesia,” paparnya.

Kalbar pernah menjadi tuan rumah pada ekspedisi kedua. Vivin berharap, mahasiswa di daerah memberikan konstribusi pada ekspedisi kali ini.

“Jadi yang kita harapkan, agar adik-adik mahasiswa atau yang lainnya memeberikan konstribusi yang positif,” harapnya.

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!