Pilot Dilarang Bawa Masuk Orang Lain Dalam Kokpit, Kecuali… – Ambon Ekspres
Ragam

Pilot Dilarang Bawa Masuk Orang Lain Dalam Kokpit, Kecuali…

Lion Air. Foto dok JPNN.com

AMEKS ONLINE, – Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso mengatakan, pada saat sedang mengoperasikan pesawat, seorang pilot tidak diperbolehkan membawa masuk orang lain ke dalam kokpit tanpa izin.

Izin yang dimaksud yang sesuai dengan Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil (PKPS) atau Civil Aviation Safety Regulation (CASR) 121.547 tentang Admission to Flight Deck.

Dalam CASR tersebut jelas disebutkan bahwa seseorang tidak boleh memasukkan orang lain ke dalam kokpit, kecuali kru pesawat, inspektur dari Ditjen Perhubungan Udara, orang yang mempunyai sertifikat khusus seperti personil navigasi penerbangan, atau yang telah mendapatkan izin dari pilot in command, AOC certificate holder management dan izin dari Dirjen Perhubungan Udara.

“Selain orang-orang yang sudah disebutkan di atas, tidak seorangpun boleh masuk ke dalam kokpit saat pilot sedang mengoperasikan pesawatnya,” tegas Agus di Jakarta, Kamis (25/5).

Penegasan Agus ini menanggapi adanya laporan masyarakat yang terkait penerbangan Lion Air JT015 pada 23 Mei 2017 dengan rute dari Denpasar menuju Jakarta.

Agus menyatakan sudah menginstruksikan kepada Direktur Kelaikudaraan dan Keselamatan Pesawat Udara (KPPU) untuk menyelidiki hal tersebut.(chi/jpnn)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!