Pemuda Gereja Bersihkan Mesjid – Ambon Ekspres
Pesona Manise

Pemuda Gereja Bersihkan Mesjid

AMEKS ONLINE–Jelang Ramadhan 1438 Hijriyah, Pemerintah Negeri Passo bersama puluhan unsur pemuda gereja, kelompok tani, Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) membersihkan Mesjid Nurul Islah Negeri Passo, Kamis (25/5) kemarin.

Bersama dengan unsur pemerintah, masyarakat Negeri Passo bergotong-royong membersihkan mesjid tersebut selama beberapa jam, dimulai pukul 15:00 WIT hingga 17:45 WIT.
Raja Negeri Passo, Alfred Tanahitumessing mengatakan, pembersihan Mesjid Nurul Islah yang dilakukan masyarakat Negeri Passo tersebut merupakan suatu kegiatan rutinitas setiap tahun, jelang bulan suci Ramadhan.
“Setiap tahun masyarakat Negeri Passo saling bergotong royong membersihkan bagian dalam dan luar Masjid Nurul Islah,” ujarnya kepada Ambon Ekspres, Jumat (26/5).

Menurut dia, selama ini, budaya gotong-royong diantara masyarakat nyaris pudar. Padahal, itu merupakan sebuah tradisi yang harus dipertahankan dan ditumbuhkembangkan, karena memiliki nilai positif.
“Kita akui atau tidak, budaya gotong-royong hampir tidak ada lagi. Padahal dengan adanya tradisi gotong-royong, banyak hal positif yang kita peroleh, seperti, tumbuhnya rasa kebersamaan, persatuan, rela berkorban dan sosialisasi,” paparnya.

Dia mengakui, tradisi gotong-royong diperlukan sebagai suatu solidaritas antar sesama dalam satu kesatuan wilayah atau kekerabatan. “Sehingga kebersamaan antara warga terus terjaga,” terangnya.
Dia berharap, budaya membersihkan mesjid tidak akan punah, bahkan terus terjaga, agar kedepan dapat dijadikan tradisi yang telah dilaksanakan saat ini. “Saya harap tradisi ini tidak sampai disini saja, tapi akan terus dikembangkan terus sampai anak cucu,” tandasnya. (PRO2)

Most Popular

To Top