Gading Gajah Jadi Mahar Pernikahan, Eh Ditangkap Polisi – Ambon Ekspres
Daerah

Gading Gajah Jadi Mahar Pernikahan, Eh Ditangkap Polisi

Gading gajah yang hendak diselundupkan dari perbatasan Malaysia ke NTT. Pelaku mengaku gadinng gajah itu untuk mahar pernikahan. Foto via Prokal

AMEKS ONLINE, NUNUKAN- Tim gabungan mengungkap kasus penyelundupan gading gajah lintas daerah. Kasus tersebut dibeber ke awak media, di Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup (BP2HLHK) Kalimantan II.

Tim yang terdiri dari SPORC Brigadir Enggang, Bea Cukai, dan Polri itu mendapati paket besar berisi gading di Pelabuhan Tunon Taka, Nunukan, Kaltara.

Keberadaan gading gajah itu terdeteksi ketika paket melintasi perangkat pendeteksi. Gading dibungkus menggunakan kertas dan karet ban, kemudian diselipkan di antara penampung air.

Diketahui, barang tersebut dibawa oleh FL (47) dan SA (57) yang sedang dalam perjalanan ke Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Mereka pikir bisa lolos, tapi petugas lebih jeli,” ujar Subhan selaku kepala Seksi II BP2HLHK Kalimantan II.

Berdasarkan analisis petugas, para pelaku kerap menyelundupkan barang menjelang siang hari. Sebab, dari fakta di lapangan ditemukan, pengawasan menjadi lebih kendur ketika tengah hari.

Sebelum ditangkap, FL dan SA yang merupakan warga NTT itu lebih dulu bertransaksi dengan sejumlah orang di daerah perbatasan. Tidak masuk dalam satu jaringan penyelundupan barang ilegal, Subhan menjelaskan, mereka berdua memiliki tujuan masing-masing.

FL membawa gading ke Kabupaten Lembata, sedangkan SA ke Pulau Adonara. “Alasan mereka berdua sama, untuk mahar pernikahan,” ucap Subhan.

Prev1 of 2

Most Popular

To Top