Siswa di Sebatik Jajan Pakai Ringgit Malaysia Setiap Hari – Ambon Ekspres
Daerah

Siswa di Sebatik Jajan Pakai Ringgit Malaysia Setiap Hari

Pelajar di Sebatik Nunukan setiap hari jajan pakai ringgit. Foto via Radar Nunukan

AMEKS ONLINE,-Para pelajar di Sekolah Tapal Batas, Desa Sungai Limau, Kecamatan Sebatik Tengah, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, jajan pakai Ringgit Malaysia (RM) setiap hari. Seperti apa kisahnya? berikut liputannya.

SABRI – Sebatik

SEKOLAH Tapal Batas ini berbatasan langsung dengan Kampung Begosong, Sebatik, Malaysia. Mayoritas pelajar yang menempuh pendidikan adalah anak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang tinggal di Kampung Begosong dan sekolah di wilayah Indonesia.

Seperti Aidil, pelajar Madrasah Ibtidayyah (MI) Darul Furqan Sekolah Tapal Batas. Tiap hari harus bolak-balik Sebatik Indonesia dan Malaysia untuk mengenyam pendidikan seperti siswa lainnya. Aidil pun pergi ke sekolah hanya berbekal RM 1.

Bukan tidak ingin menggunakan Rupiah, Aidil dan teman sebayanya memang tidak diberikan Rupiah oleh orang tuanya.

“Bapakku berikan satu Ringgit, jadi saya ambillah, mana ada uang Rupiah di belanja (digunakan, Red) di Begosong,” kata Aidil saat berbincang dengan Radar Nunukan (Jawa Pos Group).

Menggunakan Ringgit, bukan keingginannya melainkan karena keterpaksaan. Sebab orangtua Aidil yang bekerja di Sebatik, Malaysia, digaji menggunakan Ringgit.

Mayoritas pekerjaan orangtua siswa Sekolah Tapal Batas adalah sebagai petani kelapa sawit di perusahaan Malaysia di Begosong.

Bahkan, Aidil menggunakan Ringgit untuk jajan di kantin sekolah, namun terkadang dikembalikan menggunakan Rupiah. Ia pun tak pernah persoalkan karena nilainya sudah diketahui.

Prev1 of 3

Most Popular

To Top