Heboh..Suyatno Penderita Penyakit Langka – Ambon Ekspres
Berita Utama

Heboh..Suyatno Penderita Penyakit Langka

BUTUH PERHATIAN: Suyatno (kiri) bersama Fino yang berkunjung ke rumahnya.

AMEKS ONLINE, NAMLEA.––Suyanto (48), salah satu warga Desa Waeleman, Kecamatan Waelata, Kabupaten Buru mendadak heboh. Pria yang berprofesi sebagai tukang bangunan ini mengidap penyakit yang tergolong langka. Namun untuk pengobatan, dia butuh perhatian pemerintah. Penyakit ini sudah dideritanya lebih dari satu tahun.

Fino, salah satu pemuda Kabupaten Buru yang pernah bertandang ke rumah Suyatno di Kecamatan Waelata. Menurut dia, Suyatno sebelumnya sehat. Namun, kurang lebih satu tahun yang lalu tepatnya pada Maret 2016, dia mengalami rasa gatal di sekujur tubuh. Akibatnya kepala dan kedua telapak tangan serta kaki terasa panas.

Kondisi gatal dan suhu badan yang panas tidak kunjung sembuh dalam beberapa hari. ‘’Suyatno yang  memiliki dua orang anak laki-laki itu memutuskan untuk mendatangi Puskesamas Kecamatan Waelata. Dan oleh pihak puskesmas, Suyatno diberikan obat penghilang rasa gatal dan penurun panas,’’ terang Fino kepada Ambon Ekspres di Namlea.

Setelah meminum obat tersebut, Suyatno sempat merasa sembuh dalam kurun waktu kurang lebih satu pekan saja. Setelah itu, rasa gatal kembali muncul dan semakin parah. Bahkan, diseluruh tubuh Suyatno menjadi berbintik hitam. Dan dibagian kepala serta tangan tumbuh seperti tempelan kayu berwarna putih kekuningan-kuningan.

Karena keterbatasan ekonomi, Suyatno yang memiliki seorang istri dengan profesi penjual sayur keliling itu enggan ke rumah sakit atau ke dokter. ‘’Jadi karena tidak punya uang, dia tidak mau ke rumah sakit atau dokter untuk mengecek penyebab sakit aneh yang diderita,’’ terang Fino.

Fino mengatakan, Suyatno sangat membutuhkan penanganan tim medis untuk mengetahui penyebab sakit yang dideritanya. ‘’Suyatno juga berpesan kepada saya untuk bisa menyampaikan perihal sakit yang dideritanya agar agar bisa sampai ke Pemkab Buru. Dia berharap pemerintah bisa membantu     Ketua DPRD Buru, Iksan Tinggapi yang dikonfirmasi baru mengetahui kabar tersebut. Namun dia mengaku akan meminta dinas terkait untuk sesegera mungkin melakukan penanganan medis terhadap warga Kecamatan Waelata yang terserang penyakit aneh tersebut. ‘’Tentu kami akan mendesak agar segera ada penanganan medis dari instansi terkait yakni Dinas Kesehatan Buru terhadap warga yang menderita penyakit ini,’’ papar dia.

Dirinya juga akan mengupayakan agar DPRD Buru segera mendatangi rumah warga tersebut dan melihat langsung penderitaannya. ‘’Kami tetap akan upayakan agar ada penanganan terhadap penderita,’’ tandas dia.

Diketahui, selama kurang lebih satu tahun mengidap penyakit tersebut, Suyanto sudah didatangi bidan dan dokter dari Puskesmas Waelata dan diberi obat gatal-gatal serta sabun dan bedak. Namun penanganan lebih lanjut hingga berita ini diturunkan belum ada penanganan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Buru.(DHE)

Most Popular

To Top