Kembangkan Tari Tradisional di Sekolah – Ambon Ekspres
Pesona Manise

Kembangkan Tari Tradisional di Sekolah

AMEKS ONLINE–Agar tari tradisional Maluku tetap lestari di tengah masyarakat, maka pengembangannya harus terus dilakukan secara kontinue.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan, yaitu, memperkenakan dan mengembangkan berbagai tari tradsional tersebut dikalangan generasi muda, terutama dikalangan pelajar atau siswa, seperti yang dilakukan Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 6 Ambon.

SMA Negeri 6 Ambon memiliki sebuah sanggar seni, yaitu, Sanggar Hiti Hala Hala. Sanggar tersebut menitikberatkan kegiatan pada pengembangan seni tari tradisonal Maluku, diantaranya, Tari Cakalele, Tari Lenso, Tari Tifa, Orlape dan Katreji.
Menurut Ketua Sanggar Hiti Hala Hala, Alexander Tupan, pengembangan sejumlah tari tradisonal tersebut sebagai pengembangan kreativitas siswa, yang biasa ditampilkan menyambut berbagai kegiatan yang dilakukan oleh sekolah maupun berbagai even yang diselenggaran masyarakat dan pemerintah.

“Kadang para siswa diikut sertakan dalam kegiatan sekolah, namun ada juga yang ikut dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan di luar sekolah, namun tergantung permintaan,” akuinya.
Namun tarin tradisional yang paling sering ditampilkan oleh sanggar tersebut, yaitu, Tari Cakalele dan Tari Lenso. “Tari cakalele dan tari lenso merupakan salah satu tarian tradisional yang cukup terkenal di Maluku dan sering ditampilkan di berbagai acara yang bersifat adat, hiburan, maupun pertunjukan seni budaya,” jelasnya.
(PRO2)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!