Gandeng ITB Siapkan SDM Blok Masela – Ambon Ekspres
Berita Utama

Gandeng ITB Siapkan SDM Blok Masela

FOTO/NET

AMEKS ONLINE,––Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku menggandeng Institut Teknologi Bandung (ITB) guna menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah ini guna menjemput peluang di Blok Masela. Selain itu, kerjasama ini juga untuk membangun Institut Teknologi Ambon (ITA). Penandatanganan memorandum of understanding (MoU) dilakukan Gubernur Maluku Said Assagaff dan Rektor ITB Prof Dr Kadarsah Suryadi, Selasa (30/5).

“Tadi (kemarin) sekira pukul 14.00 WIT, telah dilaksanakan penandatanganan MoU antara Pemprov Maluku dengan ITB yang berlangsung diruang rektor ITB,” kata Gubernur Said Assagaff dalam rilisnya yang diterima koran ini, tadi malam.

Menurut dia, kerja sama itu diprioritaskan pada bidang pendidikan, perencanaan maupun penelitian. Hal itu dilakukan dengan tujuan untuk peningakan SDM Maluku dalam mengahadapi pengelolaan Blok Masela kedepan. ‘’Terutama dibidang penelitian, perencanaan dan pendidikan. Dibidang pendidikan, kami (Pemprov Maluku), akan membangun Institut Teknologi Ambon untuk mengisi SDM dalam menghadapi pengelolaan Blok Masela,” jelas dia.

Dikatakan, sesuai arahan Presiden RI pada saat rapat terbatas di Istana Presiden akhir Februari lalu, salah satu fakultas di Universitas Pattimura Ambon dikembangkan sebagai embrio dalam rangka pembentukan ITA. Prosesnya akan bekerjasama dengan kampus ITB. “Dalam keputusan rapat terbatas itu, hasilnya bahwa Fakultas Teknik Unpatti dikembangkan sesuai dengan kebutuhan SDM di Blok Masela. Ini sebagai embrio pembentukan ITA dengan didukung tenaga pengajar dari ITB dalam waktu 2 hingga 3 tahun. Dan akhirnya baru kita bisa wujudkan bersama dengan pihak ITB,” terangnya.

Assagaff meminta agar kedepan kerjasama dengan ITB dapat ditingkatkan dengan mengirimkan tenaga pengajarnya ke Unpatti untuk mendidik anak-anak Maluku. “Harapan kami kedepan, ITB bisa mengirim tenaga pengajarnya ke Unpatti atau menerima mahasiswa dari Maluku serta sama-sama mempersiapkan dan membangunan ITA,” tuturnya.

Rektor ITB Prof Dr Kadarsah Suryadi sangat mendukung pendirian ITA dengan memperkuat atau meningkatkan SDM tenaga pengajar Unpatti. “Pak rektor ITB juga sangat mengapresiasi bentuk kerjasama ini. Dia (rektor) sepenuhnya mendukung dan siap membantu proses pembentukan dan pembangunan ITA. Karena pada prinsipnya ITB bukan cuma untuk Bandung, tapi untuk kepentingan seluruh lapisan bangsa dan negara, termasuk di Maluku,” jelas Assagaff menirukan penyampaian rektor ITB.

Diakui, sebelumnya ITB sedang menyusun studi kelayakan dan masterplan ITA. Dalam pertemuan itu, dihadiri kedua belah pihak. Dari Maluku selain gubernur, juga hadir Rektor Unpatti, Kepala Bappeda Maluku dan Kepala Perwakilan Maluku di Jakarta. Sementara rektor ITB turut didampingi wakil rektor bidang administrasi umum, alumni dan komunikasi, direktur eksekutif penerimaan mahasiswa, direktur kerjasama dan hubungan internasional, wakil direktur bidang kemitraan ITB, wakil dekan bidang akademik SITH-ITB serta direktur utama Yayasan LAPI-ITB dan direktur bidang keuangan Yayasan LAPI-ITB.(AHA)

Most Popular

To Top