Kredit Konsumtif Dominan – Ambon Ekspres
Berita Utama

Kredit Konsumtif Dominan

Ilustrasi/Net

AMEKS ONLINE,-Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Maluku, Bambang Hermanto mengatakan, perkembangan penyaluran kredit di Provinsi Maluku lebih dinominasi pada penyaluran kredit konsumtif sektor perbankan. “Hal ini terbukti, perkembangan penyaluran kredit konsumtif di tahun 2016 dalam moment jelang Ramadhan, meningkat secara nominal lebih tinggi dari rata-rata penyaluran kredit diluar hari besar keagamaan. Sehingga, tren ini diproyeksikan akan terjadi sama dalam momen Ramadhan dan Lebaran tahun 2017,” katanya kepada wartawan dalam Media Update di Kantor OJK Provinsi Maluku, Selasa (30/5).

Bambang menyampaikan, untuk penyaluran kredit di kabupaten/kota di Maluku menunjukkan kredit konsumtif mendominasi penyaluran kredit. “Dalam arti, kredit konsumtif itu seperti dari sektor rumah tangga untuk pemilikan peralatan rumah tangga sebesar Rp 434,24 miliar atau (15,54 persen) dan bukan lapangan usaha sebesar Rp 325,27 miliar (12,45 persen). Sehingga penyumbang terbesar penyaluran kredit di Maluku dalam posisi Maret 2017 dari sektor kredit konsumtif meningkat sebesar 9,93 persen atau senilai Rp 897,08 miliar,” tuturnya.

Namun, kata Bambang, sektor produktif juga menunjukkan kontribusi yang cukup besar. Sebagaimana terjadi pada sektor perdagangan besar dan eceran yang meningkat sebesar Rp 74,44 miliar (3,78 persen) dan sektor pertanian, perburuan dan kehutanan sebesar Rp 29,55 miliar (39,01 persen). “Secara nominal, portofolio penyaluran kredit di Maluku posisi Maret 2017 masih didominasi oleh sektor rumah tangga dan bukan lapangan usaha kredit konsumtif (69,57 persen), sektor perdagangan besar dan eceran sektor konstruksi (2,38 persen) dari total kredit,” jelasnya.

Untuk itu, jika dilihat secara keseluruhan baik dari daerah penyalur kredit berdasarkan data yang dihimpun, sampai dengan saat ini, penyaluran kredit¬† konsumtif sektor perbankan masih tetap mendominasi. Apalagi menjelang perayaan hari besar keagamaan. “Oleh sebab itu, mengantisipasi moment tersebut lembaga jasa keuangan (LJK) baik finance, perbankan, pegadaian dan PNM siap memenuhi kebutuhan masyarakat akan sumber pendanaan khususnya kredit konsumtif, yang memang sangat berpengaruh pada penyaluran kredit di Maluku,” pungkasnya.
(IWU)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!