Ciptakan Lingkungan Bersih di Ramadhan – Ambon Ekspres
Pesona Manise

Ciptakan Lingkungan Bersih di Ramadhan

AMEKS ONLINE–Ramadhan tahun ini, masyarakat Negeri Kabauw, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, melaksanakan ibadah puasa dengan lingkungan yang bersih, indah dan tertata rapi.

Karena sebelumnya, pada sepekan menyambut Ramadhan lalu, masyarakat negeri tersebut melakukan kerja bhakti membersihkan dan menata semua lingkungan, mulai dari Dusun Satu hingga Dusun Lima.
“Ramadhan tahun ini, masyarakat melaksanakan ibadah puasa dalam kondisi lingkungan yang bersih, indah dan tertata rapi. Karena sebelum Ramadhan, kita (Pemuda Negeri Kabauw), menggelar lomba kebersihan antar dusun,” ungkap Ketua Stering Comite Festival Ramadhan Negeri Kabauw, Bambang Sela, belum lama ini.

Lomba kebersihan antar dusun tersebut mendapat dukungan dri semua masyarakat, karena memang diusulkan langsung oleh masyarakat pada Panitia Festival Ramadhan.
Apalagi, masyarakat percaya terhadap proses penilaian yang dilakukan oleh tim juri yang tidak seorangpun memiliki hubungan dengan Negeri Kabauw, karena yang dilibatkan sebagai juri adalah tiga Komandan Pos BKO TNI dan Polri yang bertugas di wialayah Kecamatan Pulau Haruku.

“Anak muda hingga orang tua, semua bekerja dengan semangat membersihkan lingkungan, menata dan menghias lingkungan, sebelum masuk bulan Ramadhan lalu,” ujarnya.
Memang penilaian lomba tersebut telah dilakukan pada 26 Mei lalu, namun dampak dari lomba tersebut masih dirasakan oleh masyarakat hingga sekarang. Masyarakat terus menjaga kebersihan lingkungan, menata bahkan menghias lingkungan.
“Puasa makin ramai, karena setiap dusun terlihat bersih dan penuh warna karena banyak dihiasi dengan umbul-umbul maupun bendera hias,” pungkasnya.(ADI)

Most Popular

To Top