Tegas, Ini Pidato Jokowi di Upacara Hari Lahir Pancasila – Ambon Ekspres
Nasional

Tegas, Ini Pidato Jokowi di Upacara Hari Lahir Pancasila

Presiden Jokowi berpidato dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila. Foto Setpres

AMEKS ONLINE, JAKARTA- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Pejambon, Jakarta Pusat, Kamis (1/6).

Upacara itu merupakan yang pertama kali digelar sejak Presiden Jokowi menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila.

Jokowi dalam pidatonya mengatakan, belakangan ini kehidupan berbangsa dan bernegara di tanah air mengalami tantangan. Sejumlah pandangan dan tindakan yang mengancam kebinekaan mulai bermunculan.

“Ada sikap tidak toleran yang mengusung ideologi lain selain Pancasila. Dan semua itu diperparah oleh penyalahgunaan media sosial, oleh berita bohong, oleh ujaran kebencian yang tidak sesuai dengan budaya bangsa,” ujar Jokowi.

 

Jokowi

Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla di Gedung Kemenlu, Pejambon, Jakarta Pusat, dalam rangka peringatan Hari Kelahiran Pancasila. Foto: Setpres

Karenanya, Jokowi meminta bangsa Indonesia belajar dari pengalaman bangsa lain yang dihantui radikalisme, konflik sosial, terorisme, dan juga perang saudara. Pancasila dan UUD 1945, katanya, dapat menghindarkan bangsa Indonesia dari hal-hal yang tak diinginkan itu.

“Dengan Pancasila, Indonesia adalah rujukan masyarakat internasional untuk membangun kehidupan yang damai, yang adil, yang makmur di tengah kemajemukan dunia,” tuturnya.

Prev1 of 2

Most Popular

To Top