Buru Berhasil Pertahankan Predikat WTP – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Buru Berhasil Pertahankan Predikat WTP

AMEKS ONLINE–Prestasi penilaian pengelolaan keuangan dengan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diraih Pemerintah Kabupaten Buru tahun 2016 lalu, tahun ini masih mampu dipertahankan. Predikat WTP itu kembali diserahkan pihak BPK RI kepada Bupati Buru Ramly Umasugi, pada Rabu lalu, (31/5).

Sekertaris Daerah Kabupaten Buru, Ahmad Assagaf mengatakan, predikat yang diraih untuk kedua kalinya itu merupakan kerja keras seluruh pegawai Kabupaten Buru.
Dikatakan, Kabupaten Buru merupakan salah satu dari 3 kabupaten di Maluku yang menerima predikat tersebut. Untuk itu, ia berharap agar predikat itu dapat terus dipertahankan ditahun-tahun mendatang. “Kita memberikan apresiasi besar untuk seluruh pegawai agar terus meningkatkan prestasi yang lebih baik lagi kedepan,” ujarnya.

Diketahui, dalam pengelolaan keuangan tahun 2015, Kabupaten Buru sempat diberi peringatan dengan status disclaimer, namun penilaian itu berhasil diperbaiki dan mendapat penilaian Wajar Dengan Pengecualiaan (WDP) dari BPK. Selanjutnya terus ditingkatkan manajemen keuangan, dan tahun tahun 2016 berhasil meraih WTP.
Karena itu, lanjut dia, Bupati meminta seluruh SKPD pengguna anggaran untuk bisa berupaya mempertahankan predikat yang sudah diraih tersebut.

Adapun beberapa kriteria yang diterapkan dalam penilaian itu mencakup, kesesuaian dengan Standar Akuntansi Pemerintahan, kecukupan pengungkapan (adequate disclosures), kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas Sistem Pengendalian Interen (SPI). (DHE)

Most Popular

To Top