Kampung Gua Berusia 10.000 Tahun, Saat Masuk Isinya… – Ambon Ekspres
Coffe Break

Kampung Gua Berusia 10.000 Tahun, Saat Masuk Isinya…

AMEKS ONLINE–Desa Maymand adalah sebuah desa di padang pasir Iran. Desa unik ini memiliki sejarah yang panjang dan diprediksi telah berusia 10.000 tahun.
Desa kuno ini bukan terdiri dari rumah-rumah seperti kebanyakan pemukiman. Tetapi, desa ini penuh dengan rumah gua hasil pahatan manusia.

Desa yang terletak 900 km selatan ibukota Teheran ini berada di ketinggian 2.240 meter di atas permukaan laut.
Di dalam rumah-rumah gua itu terdapat gambar dan relief yang berusia 10 ribu tahun lebih. Tidak itu saja, peralatan masak dari tembikar pun diperkirakan sudah berusia 6.000 tahun ada di gua-gua itu.
Karena keunikannya itu, UNESCO menetapkan Desa Maymand sebagai Situs Warisan Sejarah Dunia.
Dihuni Sejak 12 Ribu Tahun Lalu
Menurut para arkeolog, Maymand termasuk salah satu desa tertua di dunia yang pernah dihuni manusia sejak 12 ribu tahun lalu.

Berada di antara lembah dan pegunungan gersang, Desa Maymand mengalami musim panas dan dingin yang ekstrem. Untuk menyesuaikan diri dengan kondisi yang sulit, penduduk desa tinggal di rumah sesuai musim.
Pada musim panas dan awal musim gugur, mereka tinggal di rumah dengan atap jerami rumput. Ketika suhu turun drastis dan angin yang kencang menyapu lembah, penduduk Maymand akan masuk ke dalam rumah-rumah gua.
Dulu Rakyatnya Menyembah Matahari
Dari 400 gua yang dibangun lebih dari 10.000 tahun yang lalu, 90 di antaranya masih utuh. Rumah gua ini bisa menampung hingga tujuh ruangan, masing-masing setinggi 2 meter hingga 20 meter persegi, tergantung ukuran guanya.

Meski hidup dalam rumah gua, penduduk Maymand memiliki gaya hidup modern. Rumah gua telah dialiri listrik sehingga mereka bisa tetap menonton televisi atau menyimpan makanan dalam kulkas. Hanya saja mereka tidak memiliki cadangan air dan ventilasi udara yang memadai.
Menurut para pakar, Desa Maymand merupakan cikal bakal dimulainya penyembahan matahari oleh penganut Zoroaster atau Majusi. Kepercayaan ini tumbuh subur di masa pemerintahan raja-raja Persia Kuno.

Sisa-sisa yang memperlihatkan kejayaan Majusi terlihat jelas di Desa Maymand. Salah satunya terlihat di Kicheh Dobandi, sebuah gua yang katanya pernah menjadi kuil bagi penganut Majusi.
Pada abad ke-7, Islam datang dan menjadi agama utama di Maymand. Hingga saat ini, Kicheh Dobandi menjadi satu dari sekian masjid gua di dunia. (Sumber: BBC)

Most Popular

To Top